Koramil Jajaran Kodim 0824/Jember, Motivasi  Masyarakat Bersihkan Lingkungan Untuk Peningkatan Kesehatan

 

JEMBER – Keberadaan Koramil dan Bintara Pembina Desa (Babinsa), merupakan bagian dari kekuatan TNI yang bertugas sebagai pelaksana pembinaan teritorial memeliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kesehatan lingkungan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat, sebagai bagian dari upaya memantapkan pertahanan wilayah dengan meningkatkan kesehatan masyarakat sebagai kompartemen pendukung pertahanan negara.

Seperti yang dilakukan  dibberapa Koramil Jajaran Kodim 0824/Jember diantaranya : Koramil 0824/01 Patrang, dipimpin Komandan Koramil Kapten Inf Sumaryono bersama 7 orang anggotanya dan 50 orang warga masyarakat, melaksanakan pembersihan kiri kanan jalan sepanjang 2 Km, di Dusun Kemujan Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang Kab Jember.

Kemudian oleh Koramil 0824/03 Kalisat dipimpin Komandan Koramil  Kapten Arm Ridwan Sagala bersama 8 orang anggotanya, Kapolsek AKP Sukari bersama 7 orang anggotanya, Satpol PP Kecematan Kalisat 5 orang  dan 123 orang warga masyarakat,  dengan sasaran pembersihan kiri kanan jalan sepanjang 1 Km dan normalisasi selokan jalan,  di Dusun Kramat Desa Sebanen Kec Kalisat Kab Jemebr, sehingga jalan dan selokan dapat berfungsi kembali dan lingkungan menjadi sehat serta terhindar dari bencana banjir, disaat musim penghujan.

Demikian pula di wilayah Koramil 0824/23 Wuluhan, Babinsa Desa Ampel  Serma Joko Priyono, bersama  37 orang warga masyarakat, melaksanakan pembersihan kiri kanan jalan sepanjang 400 meter, demikian pula Babinsa Desa Tanjungrejo bersama 33 orang warga masyarakat,  bersihkan kiri kanan jalan desa sepanjang 350 meter, dalam meningkatkan  kesehatan lingkungan masyarakat.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami wawancarai menerangkan, bahwa tugas Koramil dan Babinsa merupakan bagian dari kekuatan TNI yang bertugas sebagai pelaksana Pembinaan Teritorial diwilayah tanggung jawabnya, diantaranya dengan meningkatkan kesehatan masyarakat sebagai kompartemen pendukung dalam sistem pertahanan semesta, yang merupakan sistem pertahanan NKRI.

Saya sangat mengapresiasi kegiatan karya bakti maupun kerja bakti yang dilakukan oleh Kormail dan jajarannya, bersinergi dengan tiga pilar diwilayahnya serta masyarakat, sekaligus merupakan upaya dalam memotivasi kegotongroyongan masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan lingkungannya. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)

 

 

 

Hits: 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.