Jember Information Center

Koramil 0824/17 Sumberbaru Beserta Instansi Terkait Melakukan Screening Masyarakat Yang Masuk Kab Jember Dari Arah  Surabaya

 

JEMBER – Seluruh pintu masuk perbatasan menjadi prioritas pengawasan, warga yang masuk wilayah Kabupaten Jember diwajibkan untuk melalui screening di Pos Pos yang telah disediakan di pintu perbatasan, guna meyakinkan warga masyarakat yang masuk dalam kondisi sehat ataupun kurang sehat dan dilakukan pemeriksaan langsung oleh Tim Kesehatan, guna mencegah meluasnya penularan covid 19, di Kabupaten Jember.

Pos yang bertugas melakukan screening di pintu masuk perbatasan wilayah Kabupaten Jember di Kecamatan Sumberbaru tersebut melibatkan personel Koramil  0824/17 Sumberbaru 4 orang, Polsek  5 orang, Kecamatan  3 orang, Puskesmas   5 orang, Dinas Perhubungan  2 orang dan relawan 3 orang, petugas-petugas tersebut dilakukan giliran yang siang mulai pukul 06.00 s.d 16.00 Wib, yang malam 16.00-06.00 Wib, sehingga selama 1 X 24 Jam semua warga masyarakat yang masuk silayah Kab Jember dilakukan screening.

Menurut Komandan Koramil 0824/17 Aumberbari Kapten Inf Asno saat kami konfirmasi pada Jum’at 03/04/2020 menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan tugas di pos screening tersebut dapat berjalan lancar, masyarakat sudah memahami terkait kondisi tersebut, sehingga relatif tidak terdapat kendala dalam pelaksanaannya.

Dalam pelaksanaannya kita Menghentikan pengguna jalan dari arah  Lumajang , mengatur penempatan parkir supaya tidak terjadi kemacetan, selanjutnya  menyapaikan  permohonan maaf untuk  turun sejenak dan mengarahkan ketempat pemeriksaan, membantu petugas medis mengatur  antrian menunggu pelaksanaan screening sampai dengan pemasangan gelang, dan tetap menjaga jarak  sesuai  ketentuan physical distancing serta membantu melakukan pendataan.

Dari hasil screening tadi malam yang dilaporkan pagi tadi pukul 06.00 Wib, dari Posko Perbatasan Sumberbaru  untuk masyarakat yang masuk yang terdeteksi orang dalam resiko 144 orang dan kita pasang gelang warna kuning, dan lain-lain tidak ada. Kata Kapten Inf Asno.

Menyikapi  kegiatan yang dilaksanakan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi menyatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi para petugas dilapangan dalam melakukan screening terhadap warga masyarakat yang memasuki Kab Jember, sebagai bagian dari upaya mencegah meluasnya penularan covid 19.

Hal ini dilakukan di 5 pintu masuk perbatasan wilayah Kabupaten Jember, setelah dinyakannya Jember sebagai zona merah dan kondisi luar biasa covid 19 oleh Bupati Jember, sehingga upaya antisipatif tersebut kita tingkatkan statusnya, namun demikian kepada  masyarakat  saya menyampaikan terima kasih atas pemahamannya dan saya mohon untuk tetap patuhi prosedur yang telah disosialisasikan, rajin cuci tangan, pola hidup bersih dan sehat serta selalu dirumah. Tambah Komandan Kodim  0824/Jember.  (Siswandi) 

Hits: 97

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: