Jember Information Center

Koramil 0824/16 Tanggul,  Bantu Percepatan Tanggap Darurat Longsornya Tebing Sungai

 

 

JEMBER – Pada cuaca ekstrim dengan ditandai turunnya hujan secara terus menerus mengakibatkan beberapa sungai mengalami peningkatan debit dan arus airnya, hal tersebut berdampak pada lonsornya beberapa bagian dantaranya di Desa Tanggul Wetan Kec tanggul Kab Jember.

Beberapa rumah yang berjarak beberapa meter dari lokasi longsornya tebing/tanggul sungai, mendorong dilakukannya percepatan langkah tanggap darurat, dengan mengerahkan personel diantaranya personel Koramil 0824/16 Tanggul 10 orang, Personel Yonif Raider 515/K sebanyak 15 orang, Personel Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan Kab Jember 50 orang, Perangkat desa dan masyarakat 75 orang.

Menurut Kapten Inf Suparno Danramil 0824/16 Tanggul saat kami temui dilokasi kegiatan menerangkan,  bahwa pengerjaan ini kita percepat karena beberapa rumah warga sudah terancam, diosamping tenaga manusia kita juga dibantu satu alat berat backhoe, yang bertugas mengisi dan menata jumbo bag, membersihkan aliran air dengan menata bebatuan besar ditengah aliran kepinggir aliran, kita setiap hari all out melakukan pengerjaannya untuk mempercepat langkah penanganannya.

Tugas kita dan masyarakat mengisi sak-sak kecil  dengan tanah urug, mendekatkan material batu ke lokasi kegiatan, karena material batu tidak dapat diturunkan mendekati lokasi.

Selanjutnya  Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muahammad Nurdin saat kami konfirmasi  menyampaikan, bahwa kegiatan dibeberapa titik memang melibatkan Koramil jajaran untuk melakukan percepatan pengerjaan langklah tanggap darurat akibat bencana alam, termasuk di Desa Tanggul Wetan dengan longsurnya tebing sugai sepanjang 50 meter yang mengancam perumahan warga.

Secara teknik tentunya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan, kita TNI dan masyarakat membantu percepatannya, untuk itu pada kesempatan ini saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi untuk dengan semangat yang sama ingin mempercepat pengerjaan langkah tanggap darurat tersebut. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

Hits: 13

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: