Jember Information Center

Koramil 0824/07 Silo Aksi Peduli ODGJ Gandeng Mahasiswa

 

 

JEMBER – Hak hidup dengan perlakuan yang sama merupakan hak bagi semua orang, demikian pula bagi orang-orang yang memiliki kelainan atau menderita suatu penyakit, yang memerlukan penanganan khusus, hal ini menjadi tanggung jawab semua orang, termasuk orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang sering terabaikan yang justru menjadi.keresahan tersendiri bagi masyarakat disekelilingnya.

Seperti yang ada di Kecamatan Silo, ada sekitar 13 orang penderita ODGJ yang tersebar di seluruh desa diwilayah Kec Silo, dan mereka rata-rata dari keluarga kurang mampu, sehingga perlu peran aktif dari petugas medis untuk melakukan perawatan terhadap penderita ODGJ tersebut. Kondisi inilah yang memerlukan kepedulian semua pihak agar dapat  tertangani dengan signifikan.

Puskesmas Silo yang berkoordinasi dengan  beberapa pihak diantaranya Koramil 0824/07 Silo yang sangat mendukung kegiatan kunjungan kepada pasien ODGJ  tersebut, seperti yang dilakukan pada Sabtu 21/12/2019 Pukul 07.00 Wib Koramil 0824/07 Silo, menggandeng mahasiswa Universitas Muhammadyah Jember yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN),  bersama Puskesmas Silo yang melaksanakan kunjungan kepada Penderita ODGJ.

Aksi peduli ODGJ tersebut berangkat dari Markas Koramil 0824/07 Silo, dipimpin langsung oleh Komandan Koramil Kapten Arm M Ismuni bersama 2 orang anggotanya, Petugas Medis Puskesmas Farida, Dian S, Kader Posyandu 5 orang dan mahasiswa KKN 10.orang.

Sasaran kegiatan diantaranya pemberian obat dan injeksi langsung terhadap penderita ODGJ, penggantian baju, pemotongan rambut, pemotongan  kuku dan berinteraksi dengan penderita ODGJ, selanjutnya sosialisasi kepada keluarga terkait perlakuan kepada penderita, kebersihan lingkungan dan lain-lain.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni saat kami wawancarai disela-sela kegiatan tersebut menerangkan, bahwa aksi peduli ODGJ ini dilakukan bersinergi dengan Puskesmas dan berjalan sudah beberapa tahun, sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat, sekaligus kita tilik warga sebagai implementasi one day one man yang merupakan program Komandan Kodim 0824 yang harus dilaksanakan oleh jajaran Koramil.

Terkait hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi mengapresiasi kegiatan Koramil 0824/07 Silo yang melaksanakan Aksi peduli ODGJ tersebut, itulah tugas Kodim maupun Koramil sebagai implementasi Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam pemerintah daerah serta dinas terkait, temasuk Dinas Kesehatan dan Puskesmas dalam menangani ODGJ maupun penyakit lainnya, hlguna mewujudkan masyarakat yang sehat. (Siswandi)

 

 

 

 

Hits: 32

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: