Jember Information Center

Koramil 0824/05 Sumberjambe Penghijauan Bersama Perhutani Jember, Bagian Dari Upaya Mitigasi Bencana

 

JEMBER – Wilayah Koramil 0824/05 Sumberjambe merupakan salah satu wilayah yang terletak dilereng Gunung Raung, dalam rangka mengantisipasi adanya tanah longsor dan banjir bandang dari atas gunung, maka perlu dilakukan upaya-upaya antisipatif.

Terkait hal tersebut pada Sabtu 28/12/2019 Pukul 08.00 Wib Koramil 0824/05 Sumberjambe dipimpin oleh Komandan Koramil Lettu Inf M Hari Yuwono, bersama 5 orang anggota dan pihak perhutani Jember dipimpin Yoyok S Asper Perhutani Jember bersama 10 orang anggotanya dan Kepala Desa Jambearum Kec Sumberjambe Sutikno berssama 2 orang perangkatnya, serta masyarakat sekitar lereng sebanyak 35 orang, melaksanakan penghijauan di areal lereng yang masuk wilayah desa Jambearum.

Penghijauan dilakukan dengan menanam sekitar 700 tanaman buah diantaranya durian, klengkeng, mangga dan lain-lainnya, pelaksnaaan penanaman hingga pukul 12.00 Wib kemudian turun dan melaksanakan makan siang dan ramah tamah dirumah penduduk pinggir hutan lereng Gunung Raung tersebut.

Pada kesempatan  ramah-tamah tersebut sambil makan siang, Asper Perhutani serta Danramil menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat disekitar lereng tersebut, agar menjaga dan merawat tanaman yang baru kita tanam tersebut, agar kita terlindung dari bahaya bencana longsor maupun banjir bandang, dan nantinya kalau berbuah silahkan dimanfaatkan oleh masyarakat mengenai hasil buahnya.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi, mengapresiasi kegiatan sinergi yang dilakukan oleh Koramil bersama Perhutani Jember tersebut, hal ini sebagai upaya antisipatif dan mitigasi bencana secara jangkan panjang.

Saya berharap, masyarakat sekitarnya dapat turut menjaga kelestarian hutan, sehingga kita semua terhindar dari bahaya bencana, apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan, saya menghimbau semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap bencana alam puting beliung, banjir  dan lain-lain, lakukan aksi-aksi peduli lingkungan sebagai langkah antisipatif kita, sehingga terhindar dari bencana. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi) 

Hits: 35

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: