Koramil 0824/01 Patrang Bersama Masyarakat Tani Tanam Refugia Antisipasi Serangan Hama Wereng dan Perindah Lingkungan

Jember.               Pada Jum’at 30/11/2018 Pukul 08.00 Wib bertempat di sepanjang jalan menuju sawah dilingkungan Rambaan Kelurahan Jemberlor Kec Patrang Kab Jember dilaksanakan Karya Bakti TNI dengan sasaran penanaman Bunga Refugia.

Hadir pada Karya Bakti Tersebut diantaranya Danramil 0824/01 Patrang  Kapten Inf Sumaryono bersama 10 orang anggotanya, Kepala Peneliti Tanaman Dinas Pertanaman Pangan Kab Jember I Made S, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) se Kecamatan Patrang serta masyarakat tani sebakyak 50 orang.

Penanaman bunga refugia tersebut merupakan bagian dari upaya mensukseskan program ketahanan pangan, karena bunga refugia merupakan bunga warna-warni yang mampu memikat  hewan jenis serangga termasuk wereng  yang merupakan hama tanaman padi agar tidak menyerang tanaman padi. Kata I Made S.

Disamping untuk memikat hama tanaman bunga warna-warni tersebut nantinya juga akan memperindah lingkungan tersebut sehingga keberadaannya hendaknya di rawat oleh warha masyarakat sekitarnya.

Komandan Koramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono disela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kita bersama anggota serta petugas dari Dinas Pertanaman Pangan mengajak petani untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dan organik karena kita membasmi hama dengan tanaman bunga sehingga mengurangi  pemanfaatan obat kimia dalam pertanian, karena dibeberapa wilayah lain sudah ada tanaman padi yang mulai diserang hama wereng.

Terkait kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan apresiasinya kepada jajaran dalam melaksanakan pendampingan pertanian yang berkolaborasi dan berkoordinasi dengan petugas dari Dinas Pertanaman Pangan Kabupaten jember.

Dimusim tanam Oktober 2018- Maret 2019 ini memang terdapat beberapa wilayah yang mulai ada tanaman padi yang dirambah oleh hama tanaman khususnya wereng, namun karena langkah antisipatif jajaran serta pemangku pertanian lainnya sehingga dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak terlalu berdampak pada produksi pertanian. Kata Letkol Inf Arif Munawar. (sis24)

Hits: 35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.