Jember Information Center

Komsos Komandan Kodim 0824/Jember, Rangkul Berbagai Elemen Masyarakat, Mantapkan Kondusifitas Wilayah

 

 

JEMBER – Dalam penyelenggaraan Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai tugas pokok  satuan kewilayahan setingkat Kodim yang memiliki tugas wewenang dan tanggung jawab dilingkup Kabupaten, memerlukan beberapa metode dalam pelaksanaannya yaitu pembinaan bakti TNI, pembinaan komunikasi sosial dan pembinaan pertahanan wilayah.

Seperti yang dilakukan oleh Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin pada Jum’at 27/09/2019 yang melaksanakan pertemuan dan komunikasi dengan beberapa elemen masyarkat, diantaranya dengan kalangan usahawan tembakau H Soncay digudangnya di Desa Sumberjeruk Kec Kalisat Kab Jember.

Kedatangan Letkol Inf La Ode M Nurdin disambut hangat oleh H Soncay, yaitu tokoh tionghwa pemeluk agama Islam, yang saat ini tergolong orang sukses dalam menangani tembakau dibidang bisnisnya, yang dikelolanya bersama anaknya, sangat senang dengan kunjungan Komandan Kodim 0824/Jember yang berkenan melihat langsung aktifitas gudang yang sedang memilah  tembakau.

Dengan sekitar 300 orang karyawannya pada saat tersebut aktifitas kerja berjalan seperti biasa, sekaligus sebagai bagian dari pendekatan, komunikasi sosial (Komsos) sebagai bagian dari metode pembinaan teritorial, dalam memantapkan kondusifitas wilayah.

Usai melaksanakan kunjungannya ke kalangan usahawan tersebut, komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menerima audensi dari Keluarga Besar TNI (KBT) yang terdiri dari FKPPI, Resimen Mahasiswa dan Pepabri, yang dipimpin oleh Letkol Purn Munajat.

Pada kesempatan tersebut sambil menyerap aspirasi dan laporan dari masing-masing organisasi KBT, dengan berbagai kegiatan yang sudah dan akan dilakukan, selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menyatakan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah berjalan, serta berharap agar KBT mampu menjadi jaring utama TNI dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial diwilayah, sehingga terwujud sinergitas nyata adanya KBT dan Kodim 0824/Jember sebagai unsur pembinanya.

Terkait kegiatan tersebut saat kami konfirmasi Letkol Inf La Ode m Nurdin menerangkan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan komunikasi sosial (Komsos) bersama beberapa elemen masyarakat, dengan kalangan usahawan tentunya kita ingin menciptakan lapangan usaha yang lebih sejuk dan nyaman, dalam meningkatkan ketersediaan lapangan kerja serta peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah, sebagai bagian dari pilar pertahanan.

Kemudian dengan unsur KBT kita tentunya ingin menjalin komunikasi lebih dekat, bahkan mampu menjadikan KBT sebagai jaring utama dalam menyalurkan aspirasi dan informasi yang berkembang dalam lingkungan masyarakat, sehingga mampu kita antisipasi dengan langkah-langkah lebih konkrit melalui pembinaan teritorial, sebagai tugas pokok satuan kewilayahan termasuk Kodim 0824/Jember.

Itulah pentingnya melakukan Komsos dengan semua elemen masyarakat, kita rangkul semuanya, dengan ulama, dengan sesama aparat kewilayahan, dengan usahawan, dengan KBT dan lain-lainnya, kalau hal itu kita lakukan secara intensif, disamping memantapkan kondusifitas wilayah, pastinya akan mampu  mengoptimalkan pembinaan teritorial, dalam mendukung terwujudnya sistem pertahanan negara yang menganut Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) yang lebih mantap, demi tetap tegaknya kedaulatan NKRI. Tegas Letkol La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

 

Hits: 24

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: