Jember Information Center

Komandan Pos Koramil 0824/30 Sukorambi Pimpin Karya Bakti TNI Bantu Pembuatan Jalan Tembus

 

 

JEMBER – Warga masyarakat Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember berkeinginan untuk mempendek jarak tempuh antara RW 10 Dsn Plalangan dengan Dusun Gendir Desa Klungkung, karena akses jalan yang ada terputus, sehingga  harus memutar lewat wilayah Kelurahan Jumerto Kec patrang sepanjang sekitar 7 Km.

Keinginan tersebut mendapat persetujuan dari Kepala Desa Abdul Gofur  dan disampaikan langsung kepada Komandan Pos Koramil 0824/30 Sukorambi yang langsung mendapatkan pesetujuan untuk dilakukannya Karya Bakti TNI dengan sasaran pembuatan jalan tembus tersebut, untuk mendekatkan akses jalan.

Pengerjaan dilakukan mulai kemarin Selasa 24/02/2020 hingga saat ini Rabu 25/02/2020 dengan melibatkan diantaranya Komandan Pos Koramil 0824/30 Sukorambi Pelda Abd Rahmad bersama 9 orang anggotanya, Polsek Sukorambi 7 orang, Satpol PP Kec Sukorambi 5 orang, masyarakat desa Klungkung sekitar 100 orang.

Jalan tembus yang dikerjakan tersebut dengan ukuran panjang 600 meter lebar 2,5 meter, dan pada saat ini sudah mencapai 90%, menurut Abdul Ghofur, atas nama masyarakat saya sangat berterima kasih kepada Komandan Pos Koramil Sukorambi yang membantu pengerjaan jalan tembus ini melalui Karya Bakti TNI bersama Polsek Sukorambi, sehingga akses jalan ini kalau sudah jadi akan mampu memperpendek jarak tempuh masyarakat menjadi 1 Km.

Menurut Pelda Abd Rahmad,  kita sangat prihatin dengan warga masyarakat desa Klungkung setelah beberapa waktu yang lalu sebagian masyarakatnya terdampak bencana banjir bandang, kini mengalami kesulitan lagi dengan terputusnya jalan ini, untuk itu saya bersama Muspika sepakat untuk melakukan Karya Bakti TNI ini,  apalagi ada inisiatif dari masyarakat bersama Kepala Desa untuk membuat akses jalan tembus guna memperpendek jarak tempuhnya, ini patut kita dukung  bersama.

Selanjutnya Menyikapi kegiatan yang dilaksanakan jajarannya tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami wawancarai menyampaikan apresiasinya terhadap upaya terpadu yang dilakukan oleh Muspika bersama masyarakat dalam membuat jalan tembus terebut.

Inilah yang saya maksud sebagai tugas aparat kewilayahan, untuk memotivasi masyarakat dalam peran sertanya untuk peduli terhadap situasi dan kondisi diwilayahnya, tanpa menunggu upaya pemerintah, masyarakat bersama aparat kewilayahan setempat mampu bersinergi untuk menyelesaikannya, baru nanti untuk upaya pengerasannya saya berharap dapat dilakukan melalui anggaran dana desa atau alokasi program lainnya yang ada dipemerintahan desa, yang direalisasikan melalui musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes). Kata Komandan Kodim 0824/Jember tersebut.  (Siswandi)

 

Hits: 31

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: