Komandan Koramil Sumberbaru Kodim 0824/Jember Dalam Musdes Pembentukan Panitia Pilkades Berharap Agar Panitia Menjaga Netralitas

 

 

JEMBER – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dalam waktu dekat ini memang akan dilakukan secara serentak di 161 desa se Kabupaten Jember, termasuk desa Jatiroto Kec Sumberbaru Kab Jember, yang sedang melaskanakan Musyawarah Desa (Musdes) Pembentukan Panitia Pilkades, yang dihadiri oleh Komandan Koramil 0824/17 Sumberbaru Kodim 0824/jember Kapten Inf Asno.

Musdes yang dilaksanakan di Balai Desa Jatiroto pada Rabu 19/06/2019 Pukul 09.00 Wib tersebut dihadiri tim monitoring diantaranya Komandan Koramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno,  Kapolsek Sumberbaru AKP Subagio, Camat Sumberbaru  Dedi Winarno dalam pemilihan Panitia Pilkades Desa Jatiroto tersebut, hadir sebagai peserta musyawarah desa diantaranya Perangkat Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat  dan perwakilan warga masyarakat sebanyak 57 orang.

Dalam arahannya Komandan Koramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Asno menyampaikan selamat kepada panitia yang sudah terpilih, disampaikan bahwa tugas yang diemban merupakan amanah dari seluruh masyarakat desa Jatiroto, hendaknya dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, jaga selalu netralitas sebagai panitia, sehingga semua proses akan berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

Banyak pengalaman dalam pemilihan kepala desa yang berakhir dengan tidak kondusif yang diakibatkan terutama karena kerja panitia tidak obyektif atau tidak mengindahkan kaidah-kaidah netralitasnya dalam melaksanakan tugas kepanitiaan, untuk itu hal ini hendaknya benar-benar diperhatikan oleh panitia Pilkades Desa Jatiroto yang sudah terpilih ini.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Koramil jajarannya yang telah mengawal jalannya pemilihan panitia Pilkades diwilayahnya masing-masing.

Pada saat ini memang ada beberapa Kepala Desa yang habis masa jabatannya, ada yang diisi dengan pejabat Pengganti Antar Waktu (PAW), juga ada yang diisi oleh Pejabat Sementara (PJS), Menyikapi banyaknya situasi tersebut saya memerintahkan kepada seluruh anggota Kodim 0824/Jember terutama Bintara Pembina Desa, agar mempedomani netralitas TNI dalam semua proses tahapan Pemilihan Kepala Desa tersebut. Tegas Letkol Inf Arif Munawar.  (Siswandi)

 

Hits: 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.