Jember Information Center

Komandan Koramil Silo Kodim 0824 Jember, Bersama Polisi Hutan dan Pihak Terkait patroli Sobo Alas

 

 

JEMBER – Maraknya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) akhir-akhir ini, sangat memprihatinkan berbagai pihak, untuk itu Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni mengajak pihak terkait melakukan patroli hutan sambil memberikan sosialisasi kepada masyarakat pinggir hutan, agar tidak membakar sampah sembarangan serta mencegah adanya kebakaran dikawasan hutan, maupun perkebunan.

Pada Rabu 30/10/2019 Pukul 08.00 Wib Start dari Ma Koramil 0824/07 Silo,  bersama Polisi Hutan, Mantri Hutan Garahan, Satpol PP Kec Silo,  Kapten Arm M Ismuni yang membawa 5 orang anggotanya tersebut melaksanakan patroli bersama dengan semboyan Sobo Alas Cegah Karhutla.

Mantri Hutan Garahan Budi S menyambut baik inisiasi Komandan Koramil tersebut, saya sangat berterima kasih dengan dilakukannya patroli seperti ini sebagai bagian dari tindakan antisipatif, karena wilayah kecamatan Silo ini 75% merupakan kawasan hutan dan kebun, sehingga rentan sekali terjadinya karhutla.

Senada dengan Mantri Hutan Kapten Arm M Ismuni saat kami konfirmasi menyampaikan, bahwa upaya ini merupakan langkah antisipatif yang paling efektif, kita harus pro aktif dan jangan menunggu terjadi baru melangkah,  tidak adanya kejadian karhutla pun tidak ada salahnya kita melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat kawasan tepi hutan maupun perkebunan.

Dibeberapa titik kita berhenti dan mengobrol dengan masyarakat sekaligus mensosialisasikan serta mengajak masyarakat kawasan hutan untuk menjaga serta melestarikan lingkungan kawasan hutan, bahkan kita mendata dan memberikan nomor tilpon kita, agar kalau ada kejadian bahkan kalau ada ilegal loging untuk segera diinformasikan, sehingga kita dapat melakukan tindakan dan langkah-langkah secara cepat dan tepat.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami wawancarai diruang kerjanya ,mengapresiasi kepada Koramil berserta Pihak terkait yang melakukan upaya-upaya antisipatif seperti itu,  saya berharap diwilayah lainnya juga melakukan hal serupa, terutama Koramil yang memiliki kawasan hutan maupun kebun. Tegasnya. (Siswandi)

 

 

Hits: 42

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: