Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Bersama Anggotanya Mengkuti Festival Rakyat

 

 

JEMBER – Pernak-pernik Peringatan HUT Ke 74 Kemerdekaan RI dikabupaten Jember benar-benar semarak hingga ditingkat kampung diseluruh pelosok Kabupaten Jember, lain halnya yang dilaksanakan di Kecamatan Rambipuji, di Alun-alun Rambipuji dibanjiri masyarakat yang menyemaraakkan Festival Rakyat, yang dibuka oleh Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

Tidak ketinggalan Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Ka[ten Inf Abd Latif  juga ikut serta dalam lomba-lomba tradisional tersebut, bersama 7 orang anggotanya, dalam rangka menyemarakkan HUT Ke 74 Kemerdekaan RI.

Saat kami konfirmasi Kapten Inf Abd Latif disela-sela kegiatan tersebut awalnya kehadirannya sebagai undangan dan anggota melaksanakan pengamanan 2 orang, namun akhirnya seluruh anggota yang tidak ada kegiatan kita ajak juga untuk memnyemarakkan kegiatan ini, sangat disayangkan kesempatan bertemu dangan ribuan masyarakat namun kita tidak ikut serta didalam kegiatan tersebut.

Saat ditanyakan kira –kira berapa orang yang hadir pada festival rakyat ini, ribuan masyarakat, tadi ada Tarian Gemar Minum Susu oleh 2000 anak Pendidikan Usia Dini (PAUD), Kemudian Tari Bajul Ijo oleh 1000  siswa Taman Kanak Kanak (TK), Tari BJBJ oleh 600 Siswa Sekolah Dasar (SD) dan Tari Segar oleh   1000 orang wali murid PAUD.

Ragam permainan yang disuguhkan diantaranya 30 jenis permainan anak kampung tempo dulu, ada egrang, bangkiak, gobak sodor dan lain-lain yang tentunya sangat menarik sekali. Kata Kapten Inf Abd Latif, itu sementara yang saya ketahui, selengkapnya silahkan konfirmasi ke Panitia.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Laode M Nurdin saat dikonfirmasi terkait kegiatan terebut menyampaikan, bahwa dirinya sebenarnya sangat ingin hadir bersama Bupati Jember, namun karena ada kegiatan dinas di Surabaya yang tidak dapat diwakilkan, sehingga saya juga sudah ijin kepada Bupati Jember.

Terkait kegiatan seperti itu saya sangat mendukung sekali, hal-hal lama yang positif memang layak kita tampilkan kembali, hal tersebut adalah bagian dari kekayaan budaya tang terpendam oleh kemajuan jaman, tat kala permainan lama itu muncul maka kita akan nyambung, terutama yang sudah berusia dan menjadi bapak atai ibu, tentunya teringat bahwa permainan tersebut dulu merupakan permainannya saat masih anak-anak. Kata Letkol Inf Laode M Nurdin.

Kita sangat mendukung sekali, karena budaya adalah bagian dari aset bangsa dalam mempersatukan masyarakat Indonesia yang dikenal dengan keberagamannya, dengan keikut sertaan anggota Koramil tentunya merupakan bagian dari upaya kita untuk mengajak melestarikan budaya bangsa. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Hits: 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.