Jember Information Center

Komandan Kodim 0824 Pada Peringatan HUT 74 TNI di Kabupaten Jember, Profesional Kebanggaan Rakyat

 

 

JEMBER – Upacara Kebesaran Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di Alun Alun Kota Jember tentunya berbeda dengan, Upacara HUT TNI di Kabupaten lainnya, dengan Inspektur Upacara Bupati Jember dr Hj Faida MMR, ditampilkan berbagai demonstrasi dan defile pasukan sekaligus defile alutsita TNI sebagai kekuatan pertahanan negara. (05/10/2019)

Pada upacara terebut tampak hadir Bupati Jember sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati Jember Drs A Muqid Arif, Komandan Brigif Raider 9/2 Kostrad Kolonel Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo, Kepala Staf Brigif Raider 9/2 kostrad Letkol Inf Arif Munawar, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Kepala RS Baladhika Husada Letkol Ckm dr Maksum Pandelima, Komandan Secaba Letkol Inf Yusub Dodi Sandra serta para pejabat TNI, Purnawirawan dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jember dr Hj Faida MMR membacakan amanat tertulis Panglima TNI yang pada intinya mengingatkan bahwa Sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang.

Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial dan masuk ke berbagai dimensi. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Konsepkonsep inipun mengaburkan filosofi perang konvensional dengan menggeser dimensi waktu, karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. Ancaman militer dan nir militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya.

Menghadapi kompleksitas ancaman di atas, diperlukan Postur TNI ideal yang dibangun sesuai kebijakan pertahanan negara dan disusun dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Pembangunan Postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan TNI.

Terkait Hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin usai mengikuti Upacara HUT Ke 74 TNI saat kami wawancarai terkait pandangannya pada menyampaikan, bahwa TNI adalah bagian dari rakyat dan selalu berjuang untuk rakyat, sehingga keberadaannya harus selalu dekat dan manunggal dengan rakyat.

Inilah mengapa kita melaksanakan Pameran Alat Utama Sistem Pertahanan di Kabupaten Jember ini pada HUT Ke 74 TNI yang jelas adalah dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat, sekaligus sebagai wujudk pertanggung jawaban TNI kepada Rakyat. Sehingga Profesionalisme TNI menjadi Kebanggaan Masyarakat.  Tegas Letkol Inf La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

Hits: 48

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: