Jember Information Center

Komandan Kodim 0824/Jember Tinjau Pelaksanaan Latihan Minggu Militer, Latihan Ini Harus Dilaksanakan Dengan Baik Untuk Profesionalisme Prajurit

 

 

JEMBER –  Latihan Minggu Militer adalah latihan yang sudah terprogram dan harus dilaksanakan pada setiap bulannya oleh Kodim, Latihan tersebut biasanya dilaksanakan pada setiap Minggu IV dalam stiap bulannya dengan materi-materi tehnis dasar dan ketrampilan dasar keprajuritan, guna memelihara kemampuan dan meningkatkan profesionalisme prajurit.

Latihan Minggu Militer Kodim 0824/Jember Bulan Pebruari 2020 ini dilaksanakan di dua tempat, untuk memperpendek jarak jangkau anggota Koramil sehingga terhindar dari resiko keterlambatan dan resiko kecelakaan lalulintas, untuk wilayah timur pada kali ini dilaksanakan di Desa Garahan Kec Silo Kab Jember diikuti oleh Koramil Wilayah Timur Kabupaten Jember uyaitu Koramil Patrang, Arjasa, Jelbuk, Kalisat, Sukowono, Sumberjambe, Sukorambi, Tempurejo, Mumbulsari, Sumbersari, Pakusari, Mayang, Ledokombo, Sumberjambe dan Silo.

Sedangkan untuk Wilayah barat kali ini dilaksanakan di Desa Gumukmas Kec Gumukmas, diikuti oleh Koramil 0824/Gumukmas, Rambipuji, Panti, Bangsalsari, Tanggul, Sumberbaru, Jombang, Kencong, Semboro, Umbulsari, Puger, Balung, Wuluhan, Ambulu, Jenggawah dan Ajung, Latihan tersebut diikuti oleh seluruh anggota Koramil masing-masing dengan pemateri para Komandan Koramil.

Pelaksanaan Minggu Militer yang dilaksanakan selama  lima hari kerja, mulai Senin 24/02/2020 hingga jum’at 28/02/2020 tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 0824/Jember, dengan materi diantaranya    Ketahanan Mars (Han Mars), Tata Upaca Sekolah (TUS) dan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Tata Upacara Militer (TUM), Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dan lain-lain.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin selaku Pimpinan Umum Latihan saat meninjau pelaksanaan Latihan Minggu Militer di wilayah Koramil 0824/20 Gumukmas tersebut saat kami wawancarai menyampaikan, bahwa latihan-latihan ini memang setiap bulannya materinya hampir sama, namun ini harus dilaksanakan dengan baik dan benar serta sungguh-sungguh, guna mendukung pelaksanaan tugas diwilayah.

Apapun tanpa latihan tidak akan mencapai hasil yang optimal, misalnya olah ragawan sepak bola, meskipun sudah piawai dalam memainkan bola, kalau malas latihan pasi kemampuannya menurun dan tidak mampu menyesuaikan dengan pola serangan yang di tentukan oleh tim, sehingga kalau ingin profesional,  TNI pun harus selalu latihan, latihan dan latihan. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Hits: 20

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: