Komandan Kodim 0824/Jember Siap Bantu Perkuatan Pasukan Operasi Keselamatan Berlalu Lintas

 

JEMBER – Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Berlalu Lintas tersebut dilakukan di Polres Jember dengan melibatkan TNI gabungan dari  Kodim 0824 dan dari  Sub Denpom  V/3-2 Jember sebanyak 1 Kompi, kemudian adari Polres Jember 1 Kompi dan dari Satpol PP Pemkab Jember sebanyak 1 pleton, apel dipimpin oleh Wakil Kepala Polres Jember Kompol Bagus Ikhwan Christian.

Dalam apel tersebut Kompol Bagus Ikhwan Christian menyampaikan permohonan maaf Kapolres Jember yang tidak dapat memimpin apel ini karena ada kegiatan dinas lainnya yang tidak dapat ditinggalkan sehingga mewakilkan kepada saya, inti dari amanat tertulis Dirlantas Mabes Polri diantaranya bahwa Jajaran Polres melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) nya, mulai hari ini Senin (29/4/2019) hingga 14 hari kedepan bakal melakukan Operasi Keselamatan Berlalu Lintas, dengan diawali apel bersama seperti ini.

Terdapat 7 item yang patut diperhatikan oleh pengendara kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil  yang akan dilakukan tindakan  oleh Satlantas Polres Jember, ketujuh item tersebut diantaranya, menggunakan telepon saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara, tidak menggunakan helm berstandar nasioanal dan lain-lain.

Kemudian  pelanggaran melawan arus lalu lintas, mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol, narkoba, mengemudikan kendaraan di bawah umur dan yang terakhir mengemudikan kendaraan pada kecepatan maksimal.

Selanjutnya Kompol Bagus Ikhwan Christian saat kami wawancarai menyampaikan bahwa tujuan operasi ini adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, yang kedua untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas ketiga untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan yang ke empat demi terwujudnya Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) dalam berlalu lintas.

Sementara Kasatlantas Polres Jember AKP  Edwin Nathanael SH. SIK dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, bahwa selama operasi keselamatan berlalu lintas berlangsung ini, pihaknya akan lebih banyak melakukan teguran dan juga kegiatan sosial kepada pengendara lalu lintas.

Namun demikian pihaknya juga akan melakukan penilangan terhadap kendaraan yang berpotensi terjadi kecelakaan, seperti didak menggunakan helm, spesifikasi kendaraan yang tidak standar, “Kegiatan kami selama operasi kali ini akan lebih banyak pada teguran dan himbauan, namun kami juga akan melakukan tindakan kepada pengendara yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, tegas Edwin.

Selama operasi berlangsung, jajaran Satlantas Polres Jember juga melibatkan satuan pendamping, diantaranya TNI, Dinas Perhubungan dan juga Satpol PP dan lain-lainnya.

Sementara itu terkait kegiatan Apel Gelar pasukan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar yang tidak dapat hadir karena ada kegiatan dinas yang tidak dapat ditinggalkan menyampaikan permohonan maaf dan tadi diwkilkan kepada Perwira Seksi Operasi Kapten Inf Jarwo Adi Purnomo, pada intinya Kodim 0824 senantiasa siap memberikan bantuan perkuatan TNI kepada Polres Jember, guna mendukung operasi keselamatan berlalu-lintas tersebut.

Saat ditanyakan berapa kekuatan yang akan diperbantukan, Letkol inf Arif Munawar menegaskan bahwa untuk jumlah kekuatannya, tentu saja menyesuaikan dengan permintaan dari Polres Jember dan saat ini kita sementara membantu perkuatan sebanyak 100 orang. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Hits: 18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.