Komandan Kodim 0824/Jember :  Profesi Guru Memiliki Peran  Strategis Lahirnya Generasi Bangsa Harus Berwawasan Kebangsaan

 

JEMBER – Bertempat di Aula Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadyah Jember (UM Jember) pada Sabtu 28/09/2019 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan Seminar Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan thema Merajut Kebersamaan Dalam Penguatan Persatuan NKRI yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2019 Tahap IV.

Bertindak sebagai pemateri adalah Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, dengan didampingi Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (Dosesn PAUD) Misiyana, Letkol Inf La Ode M Nurdin memberikan materinya kepada 60 orang peserta yang merupakan Mahasiswa FKIP yang sedang menjalani pendidikan lanjutan profesi guru.

Dalam materinya Letkol Inf La Ode M Nurdin menerangkan makna wawasan kebangsaan dan wawasan nusantara, bagaimana kondisi bangsa saat ini serta kendala yang dihadapi dimasa mendatang, sekaligus bagaimana memfilter arus informasi global, yang harus diketahui bersama dalam mempersiapkan generasi bangsa, menyiapkan kader-kader pemimpin bangsa yang berkualitas dan berkarakter.

Pentingnya penanaman nilai-nilai Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, menjadi sangat penting dihadapkan dengan pengaruh global saat sekarang ini yang mengancam lunturnya rasa kebangsaan, rasa nasionalisme, rasa bela negera dan bahkan melunturkan jatidiri kita sebagai Bangsa Indonesia, disinilah peran kita untuk memberikan penguatan nilai-nilai pilar kebngsaan tersebut. Tegas Letkol Inf La Ode M Nurdin.

Usai kegiatan tersebut dalam wawancaranya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menyampaikan, bahwa dirinya sangat bangga dengan UM Jember yang memperhatikan sekali masalah kebangsaan, terutama terhadap pendidikan profesi guru, karena guru memiliki peran yang sangat strategis dalam melahirkan generasi bangsa.

Sehingga sebelum mereka terjun dalam jabatannya sebagai guru dan mengajar siswa-siswinya, mereka sudah memiliki pembekalan wawasan kebangsaan seperti ini, yang tentunya akan berpengaruh dalam perannya sebagai pengajar, sebagai pendidik sekaligus sebagai orang tua pada saat jam sekolah, nantinya saat menjadi guru.

Untuk itu saya berterima kasih kepada penyelenggara dan kepada Rektor UM Jember yang sangat perhatian terhadap hal ini, karena selama ini telah bekerjasama dengan Kodim 0824/Jember untuk memberikan materi wawasan kebangsaan kepada mahasiswanya yang menjalani pendidikan lanjutan profesi guru. Pungka Letkol Inf La Ode M Nurdin Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

 

 

Hits: 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.