Jember Information Center

Komandan Kodim 0824/Jember : Perlu Koordinasi dan Keterpaduan Semua Pihak Dalam Upaya Penanggulangan Bencana

JEMBER – Upaya penanggulangan Bencana Alam didaerah perlu adanya  tingkat kesiapan yang mantap baik personel maupun sarana prasarana pendukung dalam upaya tanggap darurat penanggulangan Bencana Alam didaerah.

Peran kita tidak bisa individual, tidak bisa ego sektoral, sehingga perlu kesamaan visi dan oersepsi dari semua pemangku kepentingan, sehingga saat terjadi bencana, masing-masing paham siapa dan berbuat apa, utamanya saat upaya tanggap darurat.

Seperti yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten  Jember pada Jum’at 10/01/2020 Pukul 13.30 Wib bertempat di Pendopo Wahya Wibawa Graha (WWG), dilaksanakan rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam, yang dihadiri oleh TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Para Kepala Dinas, Muspika serta para relawan dan pemangku kepentingan penanggulangan Bencana alam.

Dalam sambutannya Bupati Jember dr Faida, MMR menyampaikan bahwa tingkat kesiapan penanggulangan bencana di Kabupaten Jember hingga saat ini dengan terjadinya angin puting beliung akibat cuaca ekstrim kemarin, sudah bisa dikatakan relatif siap, apalagi sudah dilakukan apel kesiap siagaan bencana oleh Komandan Kodim 0824/Jember, untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kepeduliannya.

Perlu kami sampaikan bahwa sarana terdampak, untuk perumahan warga relatif menurun, namun jembatan dan tangkis/dinding penahan jalan mengalami peningkatan, untuk itu pada kesempatan ini segera dilakukan langkah-langkah terhadap sarana terdampak tersebut, namun untuk korban perumahan penduduk saya berharap seminggu setelah bencana penanganannya harus diupayakan sudah selesai. Pungkas Bupati Jember.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin dalam sambutan maupun dalam wawancaranya menyampaikan bahwa penting acara penyamaan fisi dan persepsi yang kita lakukan melalui rapat koordinasi yang dihadiri oleh semua elemen pemangku kepentingan penanggulangan bencana, para kepala dinas serta muspika.

Namun kedepan harapan saya dapat melaksanakan simulasi, latihan-latihan, sehingga saat terjadi bencana kita benar-benar siap melaksanakan upaya tanggap darurat, sehingga dapat meminimalisir dampak bencana terutama korban manusia, sekali lagi pentingnya koordinasi dan keterpaduan semua pihak dalam upaya penanggulangan bencana. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 26

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: