Komandan Kodim 0824 Jember : Mendukung Pembekalan HAM Guna Meningkatkan Kualitas Pemerintahan di Tingkat Desa, Utamanya Pelayanan Masyarakat

 

JEMBER –  Bertempat di Balai Pendidikan dan Latihan (Diklat) Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) di kompleks GOR PKPSO  Kaliwates Jember, pada Selasa 05/11/2019 Pukul 08.00 Wib dilakukan pembukan pelatihan Hak Asasi Manusia (HAM) kepada 148 Kepala Desa yang baru dilantik dari 31 Kecamatan di Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya Bupati Jember dr Hj Faida MMR yang hadir bersama Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, pada intinya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi para Kepala Desa untuk membekali dirinya dengan pengetahuan HAM, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan ditingkat Desa.

Pelatihan ini ditujukan bagi pemangku kepentingan tata kelola pemerintahan desa, yaitu kepala desa terpilih dalam pilkades serentak beberapa waktu lalu. Bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Jember layak dan ramah HAM di tingkat nasional dan internasional. Selain itu, pelatihan ini sebagai momentum yang baik karena Jember berhasil terpilih sebagai kabupaten penyelenggaran Festival HAM Internasional yang bakal diselenggarakan tanggal 19 hingga 21 November mendatang.

Usai kegiatan pembukaan pelatihan HAM tersebut Komandan Kodim 0824/Jember letkol Inf la Ode M Nurdin saat diwawancarai awak media menyampaikan,  bahwa  momentum ini merupakan kesempatan yang sangat baik sekali bagi para Kepala Desa yang baru dilantik, dengan pembekalan HAM ini tentunya akan lebih meningkatkan kualitas pemerintahan ditingkat desa terutama pada sisi pelayanan kepada masyarakat.

Saat ditanyakan korelasinya dengan program Kodim 0824/Jember, Letkol Inf La Ode M Nurdin menegaskan bahwa selama ini sinergitas yang terbangun di tiga pilar tingkat Kabupaten hingga tingkat desa, telah berjalan dengan baik, sehingga dengan peningkatan kualitas kepala desa ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan sinergitan tersebut.

Dan dengan sinergitas yang sudah terjalin tersebut dapat kita korelasikan dengan program-program Kodim 0824, dengan program-program Bupati Jember yang tentunya dalam rangka mensukseskan pembangunan dan peningkatan kualitas kesejahteran masyarakat serta dalam  mewujudkan  kondusifitas Kabupaten Jember. Pungkas Letkol Inf La Ode M Nurdin.

Semnentara itu menurut Eva Dela Sari dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dalam wawancaranya menyampaikan bahwa ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia dengan pembekalan pemahaman HAM kepada kepala desa, sedangkan kepala desa sendiri merupakan penerjemah program pemerintah ditingkat desa dan berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga dengan pembekalan HAM ini tentunya akan lebih meningkatklan kualitas pelayanan ditingkat desa. Pungksnya. (Siswandi)

Hits: 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.