Jember Information Center

Komandan Kodim 0824/Jember Lakukan Upaya Evakuasi Barang dan  Amankan Lokasi Ruko Roboh

 

 

JEMBER – Kejadian rumah toko (ruko) roboh yang terletak di tepi jalan utama kota Jember tersebut disamping mengundang masyarakat banyak yang datang menonton, lokasinya tepi jalur utama kota, juga mengakibatkan kemacetan, untuk itu tidak heran kalau setelah menjadi Inspektur Ucara Bendera pada 02/03/2020 Pukul 07.00 Wib di Makodim 0824/Jember, Komandan Kodim 0824/Jember kembali ke lokasi ruko roboh tersebut.

Keberadaan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin yang banyak mengangkat tilpon dan memberikan arahan kepada Perwira Seksi Operasi Kodim 0824  Kapten Inf Hendro Nurdin S, tidak tegang namun  terlihat mengambil langkah-langkah tegas.

Disela-sela kesibukannya tersebut saat diwawancarai awak media dilapangan, menyatakan bahwa dirinya memberanikan diri untuk mengambil langkah-langkah diantaranya berkoordinasi dengan Satlantas Polres Jember unutk membuar rekayasa lalulintas dengan menutup jalur ke lokasi robohnya ruko tersebut.

Kemudian saya juga berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memutus jaringan listrik yang masih mengalir di ruko tersebut, kemudian kepada Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember juga sudah saya koordinasikan untuk mematikan jaringan airnya dilokasi tersebut, sehingga tidak menimbulkan dampak lainnya manakala dilakukan evakuasi.

Kemudian kepada pemilik toko dan karyawannya saya meminta membantu mengevakuasi bersama petugs dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember yang sudah ada dilokasi, serta anggota TNI Kodim 0824/Jember, untuk mengevakuasi barang-barang toko ke gudangnya kalau ada dan kalu sementara belum ada kita arahkan untuk dievakuasi sementara di Kodim 0824/Jember, hingga ada tempat yang menurut pemiliknya lebih representatif.

Lebih lanjut Komandan Kodim 0824/Jember abituren akademi militer 2001 tersebut menerangkan bahwa harus ada langkah-langkah signifikan yang berani diambil menyikapi situasi seperti ini, termasuk mendatang alat berat untuk membantu langkah-langkah evakuasi barang tersebut.

Setelah memerintahkan anggotangan yang diturunkan sebanyak 30 orng tersebut, untuk membagi tugas siapa yang membentu evakuasi barang bersama Tim BPBD, siapa yang melakukan pengamanan, Komandan Kodim 0824/jember bergesas menuju Pendopo Wahya Wibawa Graha Pemkab Jember untuk memngadiri Rapat Koordinasi Bencana Alam. (Siswandi)

Hits: 23

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: