Jember Information Center

Komandan Kodim 0824/Jember :  Hampir Semua Jajaran Melaksanakan Karya Bakti Hari Ini,  sebagai Bagian Dari Serbuan Teritorial Kodim 0824

 

 

JEMBER – Saat kami wawancarai di ruang dinasnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, terkait dengan kegiatan Koramil jajarannya yang pada Jum’at 21/02/2020 melaksanakan Karta Bakti TNI.

Sesuai dari hasila pantauan kami adan beberapa titik yang melaknsakan karya bakti TNI, seperti di Koramil 0824/12 kaliwates melaksanakan aksi peduli sampah dipimpin langsung Muspika Kaliwates diantaranya Camat Kaliwates Asrah Joyo widono,   Komandan Koramil 0824/12 Kaliwates kapten Inf Agus Suhartoyo dan Kapolsek Kompol Edy Sudarto, melibatkan 500 personel dari organisasi masyarakat maupun relawan peduli lingkungan, dengan sasaran pembersihan sungai bedadung, Pasar Kepatihan dan lokasi lainnya yang berpotensi adanya sampah.

Kemudian di Wilayah Koramil 0824/22 Balung yaitu oleh Babinsa Desa Karangsemanding melaksanakan kegiatan  pembersihan dahan pohon kiri kanan jalan,  di Desa Gumelar Oleh Babinsa Gumelar melaksanakan kegiatan kerja bakti  pada hari jumat bertempat di Rt 03 Rw 09 dsn krajan tengah ds Gumelar, diikuti oleh 50 orang dari masyarakat Rw 09 Dusun Krajan Kidul,  dengan sasaran kerja bakti yaitu pembersihan pagar dan selokan kanan kiri jalan sepanjang 200 meter.

Di Wilayah Koramil 0824/03 Kalisat yaitu di Desa Gambiran Serda Agus melaksanakan pendampingan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) degan sasaran pemantauan jentik-jentik nyamuk di dirumah-rumah warga terhadap  tempat atau genangan air yg memungkinkan adanya sarang nyamuk, bersama petugas Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) setempat untuk mencegah wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kemudian diwilayah Koramil 0824/02 Arjasa,  Babinsa Desa Arjasa melaksanakan pendampingan kegiatan Gerakan Kebersihan Lingkungan dlm kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  sekaligus memnsosialisasikan kepada masyarakat agar memelihara kebersihan dan melaksanakan upaya menguras, menutup dan mengubur (3M) terhadap tandon/tempat  air sehingga tidak dimanfaatkan untuk perkembangbiakan nyamuk.

Demikian pula wilayah Koramil 0824/26 Jelbuk dilaksanakan  kerja bakti pembersihan kanan kiri jalan poros Desa Panduman sepanjang 200 M di RT.03/02 Dusun Krajan 2, oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama masyarakat.

Diwilayah Koramil 0824/23 Wuluhan, tepatnya di Desa Ampel, Babinsa bersama Ampel Serma Joko melaksanakan giat PSN bersama perangkat desa, petugas kesehatan dari puskesmas lojejer, Bu Dokter dan kader bertempat di rumah Bpk. Kasun dsn. Pumo ( Bpk. Suhadi ) di dsn. Pumo Rt. 06 Rw. 16 desa ampel. Babinsa Tanjungrejo bersama perangkat serta masyarakat kurang lebih 23 orang melaksanakan kerja bakti Normalisasi parit perkampungan dan perapian dahan yg menganggu genteng di Sekolah Dasar Negeri (SDN)  02 Tanjungrejo.

Anggota Koramil 084/07 Silo bersama pasukan Yonif Raider 509/K dan warga melaksanakan karya bhakti TNI dipimpin Komandan Koramil 084/07 Silo melibatkan Personele Koramil 7 orang, Personel Yonif raider 509/K sebanyak  21 orang, Masyarakat kurang lebih 125 orang,  dengan sasaran pembersihan kiri kanan jalan, pembersilhan Masjid Al Kautsar.

Terkait dengan hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menegaskan bahwa hampir seluruh jajaran, pada Jum’at 21/02/2020 ini melaksanakan Karya Bakti TNI, hal ini merupakan bagian dari program serbuan teritorial Kodim 0824/Jember, dan ini kita lakukan secara terus menerus dalam membantu masyarakat dalam meningkatkan kebersihan lingkungan dalam memantapkan kesehatan masyarakat.

Seperti pemberantasan sarang nyamuk, kita melakukan pendampingan terhadap Posyandu sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu membiasakan hidup bersih dan melakukan 3m dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk, kemudian di Koramil Kaliwates aksi peduli sampah, masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan, ini semua merupakan bagian dari edukasi yang kita berikan kepada masyarakat, sehingga mereka memiliki kualitas kebersihan lingkungan dan berdampak pada peningkatan kualitas kesehatan masyrakat sebagai kompartemen pendukung pertahanan negara. (Siswandi)

 

Hits: 29

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: