Komandan Kodim 0824/Jember Hadiri Dialog Pelibatan Civitas Academika Dalam Pencegahan Terorisme Melalui FKPT

 

 

JEMBER – Bertempat di aula Rektorat Universitas Negeri Jember (Unej) Jl Kalimantan Jember pada hari Rabu 24/07/2019 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan dialog Pelibatan Civitas Academika Dalam Pencegahan Terorisme, Melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Timur.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya  Kepala FKPT Jawa Timur Soubar Isman, Rektor Unej M Hasan, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)  Brigjen Pol. Ir. Hamli, Sekretaris Pusat Studi Pesantren Yusli Efendi, Peneliti FKPT Jatim Nurul Barizah, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar, Komandan Koramil 0824/11 Sumbersari Kapten Cba Sardi dan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Kapten Inf Sondah Krisyamto.

Sebagai moderator pada dialog tersebut adalah  Setyo Pranowo bersama peserta 160 orang dari civitas academika Unej, Politehnik Negeri Jember dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember penyaji materi diantaranya Materi Kebijakan dan Strategi Pencegahan Terorisme bersama Perguruan Tinggi oleh Brigjen Pol. Ir. Hamli, Materi Penguatan Daya Tangkal Civitas Academica terhadap Pengaruh Paham Radikal oleh Oleh Yusli efendi dan Materi Hasil Pemetaan Potensi Radikalisme dan Terorisme di Jawa Timur oleh Nurul Barizah.

Usai kegiatan Komandan Kodim 0824/Jember Lekol Inf Arif Munawar saat kami mintai tanggapannya terkait kegiatan tersebut menyampaikan, dialog seperti itu merupakan bagian dari pembelajaran kaum civitas academika, sehingga kita dan adik –adik mahasiswa-mahasiswa tersebut lebih memahami bagaimana bahaya terorisme itu timbul, mengenali apa penyebabnya sekaligus bagaimana upaya pencegahan yang harus dilakukan sehingga menuai hasil yang lebih komperhenshif.

Terkait perlunya Pelibatan Civitas Academika Dalam Pencegahan Terorisme, Letkol Inf Arif Munawar sangat mendukung, pencegahan terotisme itu tanggung jawab semua pihak bukan hanya aparat keamanan saja, tetapi perlu pelibatah berbagai pihak terkait, termasuk mahasiswa sebagai yang dapat dilibatkan dalam pengkajian dan penelitian sebagai bahan analisa lapangan. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Hits: 22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.