Jember Information Center

Komandan Kodim 0824/Jember Dukung Upaya Peningkatan Sumberdaya SAR, Guna Mempercepat Proses Pertolongan Apabila Ada Bencana Alam

 

 

JEMBER – Bertempat di Aula Hotel Cempaka Jember pada Selasa 18/02/2020 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Search And Rescue (SAR) Khususnya  Pelatihan Pencarian dan Pertolongan Tehnik Pertolongan di Ketinggian dan Permukaan Air, yang diselenggaakan oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya.

Pelatihan dibuka Oleh  Direktur Sistem Komunikasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Basarnas Pusat Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama, dihadiri oleh Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Mewakili Bupati Jember Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Jember Moch Rofiq, Para Komandan Satuan di Kabupaten Jember serta peserta pelatihan sebanyak 100 orang yang terdiri dari Relawan umum, TNI dan Polri.

Acara diawali dengan sambutan Ketua Panitia yaitu Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan/SAR Provinsi Jawa Timur di Surabaya Hariyadi Purnomo, yang menyampaikan  ucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara ini, serta menyampaikan bahwa dari pelatihan ini,  Peserta diwajibkan mampu memberikan pertolongan Korban dan Potensi SAR, dengan thema Profesional, Sinergi, Militan, untuk Indonesia Maju.

Selanjutnya dilakukan penyematan tanda peserta oleh Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama, yang dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pernyataan pembukaan pelatihan, dalam sambutanya Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama, menyampaikan beberapa hal diantaranya  Basarnas harus memberikan keselamatan untuk transportasi Darat, Laut dan Udara maka kita dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih baik.

Mari kita ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, untuk bekal kita dalam memberikan pertolongan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan, kita berada di daerah yang kaya raya akan sumberdaya alam, namun  cukup rentan dengan  bencana alam, dimana posisi Indonesia berada di line of fire dan pertemuan lempeng bumi, dan dengan pelatihan ini maka sumberdaya personel yang memiliki kemampuan SAR, akan menjadi aset daerah yang dapat digunakan sewaktu-waktu manakala diperlukan.

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan,  kita sangat mendukung acara pelatihan ini, bahkan ada beberapa persenel Kodim 0824/Jember yang juga ikut dalam pelatihan tersebut, sebagai bagian dari upaya peningkatan sumberdaya SAR dalam penanggulangan bencana alam didaerah.

Bberapa kemampuan dasar memang telah dimiliki oleh TNI yang didapat pada pendidikan dasar keprajuritan seperti rapling, halang rintang dan lain-lain yang tentunya tingga memoles dengan beberapa tehnik saja sudah dapat dijadikan dasar dalam upaya pencaraian dan pertolongan korban bencana alam, yang tergabung dalam search and rescue (SAR), dengan pelatihan ini tentunya akan menambah sumberdaya yang terampil bidang SAR, yang sangat berguna manakala terjadi bencana untuk upaya evakuasi dan membantu korban bencan tersebut. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 22

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: