Jember Information Center

Komandan Kodim 0824/Jember Apresiasi Pemanfaat Lahan Sekitar Koramil Untuk Budidaya Pepaya

 

 

JEMBER – Banyaknya lahan-lahan kosong /lahan tidur yang tidak dimanfaatkan memang sangat disayangkan sekali, penanaman buah, maupun pepohonan lainnya tentusaja akan memberikan manfaat secara ekonomis maupun untuk kepentingan penghijauan lingkungan, disamping  suasana menjadi sejuk, carbon dioksida (CO2) yang dihasilkan, sangat diperlukan oleh kehidupan manusia.

Hal inilah yang mendasari pemanfaatan lahan kosong di Markas Koramil 0824/20 Gumukmas Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, lahan kosong dibelakan markas tersebut memang tidak seberapa luas, namuh mampu menampung sekitar 300 pohon tanaman pepaya,  sehingga dimanfaatkan untuk menanam pepaya jenis california.

Pada saat panen yang dilaksanakan oleh Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin didampingi Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib, pada Selasa 25/02/2020 Pukul 08.00 Wib,  ikut hadir pada acara panen pepaya tersebut diantaranya  Kepala Staf Kodim 0824/Jember mayor Inf Sampak, Kapolsek Gumukmas diwakili Ipda Danu Prasetyo, Para Komandan Koramil Jajaran Kodim 0824/Jember.

Kepada awak media Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyampaikan bahwa kedatangannya di Koramil 0824/20 Gumukms ini adalah dalam rangka melihat langsung letihan Minggu Militer sekaligus Hari ini kita melaksanakan panen pepaya jenis California, dilahan tidur Koramil 20, merupakan kepedulian dan percontohan untuk Koramil satuan jajaran Kodim 0824, saya sangat mengapresiasi sekali terhadap upaya kreasi yang dilakukan oleh anggota ini merupakan wujud kepedulian nyata, dalam memanfaatkan lahan sekitar Koramil atau sekitar rumahnya masing-masing.

Ini saya bersama para Komandan Koramil Jajaran, sehingga kedepan hal ini dapat kita kembangkan dilahan-lahan kosong dijajaran korami, Perawatan tanaman pepaya ini didukung oleh kelompok tani hasil sinergitas dari Babinsa sehingga bisa bekerjasama dengan baik,  Kami akan kembangkan tanaman pepaya jenis California dan memanfaatkan lahan tidur di Koramil yang kebanyakan kurang dimanfaatkan. Pungkas  Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.

Upaya yang dilakukan oleh Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas tersebut memang merupakan salah satu terobosan dalam memanfaatkan lahan disekitar Makoramil, dengan singergi bersama kelompok tani yaitu Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mulia Dusun Karangrejo Desa Karangrejo Kec Gumukmas, yang menggunakan pupuk organik cair buatan lokal juga yaitu buatan Untung Prayitno warga Dusun Jatiagung Desa Gumukmas Kec Gumukmas Kab Jember.

Pada kesempatan tersebut dalam penjelasannya  Untung Prayitno (pembuat Pupuk organik cair), menyampaikan terima kasih atas Kunjungan Komandan Kodim 0824/Jember, sedangkan terkait pupuk buatannya pada intinya adalah  pupuk organik cair untuk penyuburan dan pengendalian hama., Pupuk penyuburan memakai pupuk dasar kompos organik lebih awet dari pada menggunakan pupuk kimia dan Untuk perawatan daun juga menggunakan pupuk organik yang berasal dari rempah – rempah seperti kunyit dengan cara di semprotkan ke daun dan batang yang bermanfaat dalam pengendalian hama pada tanaman. (Siswandi)

 

Hits: 35

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: