Komandan Kodim 0824 : Dengan RTLH Masyarakat Hidupnya Lebih Layak dan Meningkatkan Nilai Kegotongroyongan.

JEMBER – Rehabilitasi Rumah Tidak Layak huni (RTLH) pada tahun anggaran 2019 ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali melaksanakan Kerja Sama dengan Kodam V/Brw, program terebut otomatis turun ketingkat Kodim,  hingga tingkat Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai pelaksanannya,  termasuk diwilayah Kodim 0824.

Sebanyak 502 Warga Kurang mampu tersebar di 31 Kecamatan dan 248 desa se Kabupaten Jember mendapatkan program tersebut, dari awal dengan kegiatan pendataan Babinsa sudah memiliki titik sasaran masyarakat yang patut mendapatkan Program RTLH tersebut, dilanjutkan sosialisasi dan pelaksnaan.

Seperti yang dilakukan di rumah Bu Jatem  (66 Tahun) janda renta yang memiliki seorang anak namun kondisinya pas-pasan tersebut tinggal di Lingkungan Tumpeng RT. 02/02 Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember yang kami datangi pada Minggu 24/02/2019.

Saat kami datangi saat rumahnya mau dibongkar untuk dilakukan rehabilitasi melalui program RTLH, dengan kondisi rumah yang sangat memprihatinkan terbuat dari bambu, dinding juga dari anyaman bambu dan kondisinya sudah lapuk semua,  merupakan sasaran yang sangat tepat mendapatkan Program RTLH tersebut.

Dibantu tetangga kiri kananya sekitar 15 orang dipimpin Ketua RW Supari dihadiri Babinsa Serka Slamet,  Sertu Mastomi dan Pelda Mujiono dari Koramil 0824/12 Kaliwates, juga hadir ikut kerja gotong royong Lurah Tegal Besar Anto Purwanto.

Anto Purwanto menyampaikan terima kasih kepada Babinsa yang telah merealisasikan rumah Bu Jatem ini masuk pada program RTLH dan kini masuk pada tahap pembongkaran, kepada masyarakat saya titip untuk selalu membantu dengan kerja gotong royong seperti ini, saya sangat bangga sekali dengan kegotong royongan masyarakat meskipun hidup di kota namun masih terpelihara budaya gotong royongnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar terkait serba-serbi RTLH ini sangat apresiatif dengan perkembangan yang ada, dengan adanya program ini yang jelas kita memperoleh nilai Karya Bakti TNI, kita TNI dapat berinteraksi dengan masyarakat dengan membawa nilai manfaat bagi warga kurang mampu yang rumahnya kurang layak untuk dihuni, dengan program ini mereka akan menempati rumah yang lebih layak dan lebih sehat, yang terpenting nilai kegotongroyongan masyarakat semakin maningkat. (Siswandi)

 

Hits: 55

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.