Kodim 0824 Bersama Yonif Raider 509/Kostrad karya Bakti TNI Bersihkan Areal Halaman PP Al Qodiri

 

 

JEMBER – Keberadaan Pondok Pesantren (PP) Al Qodiri di Jl Manggar 139A Jember pada setiap Malam Jum’at Manis selalu menjadi tempat Manakib Akbar yang dipimpin langsung oleh KH Muzakki Syah selaku pengasuh PP Al Qodiri, yang dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai wilayah baik dari Kabupaten Jember maupun dari luar Kabupaten Jember.

Tidak hanya itu, Manaqib Qubro yang syarat dengan pembacaan do’a – do’a tersebut juga banyak dikunjungi pejabat, seperti pada Kamis Malam Jum’at 26/12/2019 Pukul 20.00 Wib kemarin, dihadiri oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo didampingi Komandan Korem 083/Bdj Kol Inf Zainuddin serta Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Kapolres Jember maupun Kajari Jember.

Bersama sekitar 10.000  jamaah dari berbagai kota di Jawa Timur tersebut yang melaksanakan aktifitas dzikir dan do’a bersama tersebut, menjadikan halaman PP Al Qodiri tersebut padat jamaah, hal tersebut tentunya berdampak pada adanya sampah-sampah sepeninggal jamaah yang mengikuti manaqib tersebut.

Hal inilah yang menggugah kepediulian TNI terutama Kodim 0824/Jember bersama Satuan TNI lainnya yang selalu melaksanakan Karya Bakti TNI dengan sasaran pembersihan halaman PP Al Qodiri, seperti yang dilakukan pada Jum’at 27/12/2019, pada Karya Bakti TNI tersebut melibatkan personel Kodim 0824/Jember sebanyak 60 orang, Yonif Raider 509/K sebanyak 30 orang, santri dan masyarakat sekitar pondok pesantren sebanyak 200 orang.

Karya Bakti TNI tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Koramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono, yang saat kami temui menyampaikan, bahwa Karya Bakti TNI dengan sasaran pembersihan halaman PP Al Qodiri ini dilaksnakaannya setiap bulan pasca dilaksanakannya Manaqiban di lokasi tersebut.

Kali ini kita Kodim 0824/Jember melaksanakannya dengan Yonif Raider 509/K dan pada pelaksanaaan sebelumnya dengan personel Yon Armed 8/105 Tarik, kedepan nanti tentunya Kodim 0824 akan menggandeng Satuan TNI Lainnya.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menerangkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TNI terhadap kebersihan pondok pesantren, tidak hanya itu saja, bahkan kita beberapa waktu yang lalu juga membersihkan masjid dan gereja sebagai sarana ibadah, dan ini merupakan Bakti TNI Religi Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.