Kodim 0824 Bekali Calon Guru Dengan Materi Bela Negara

Jember.            Bertempat di Universitas Muhammadyah Jember Jl Karimata Jember pada Sabtu 17/11/2018 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan pembekalan terhadap Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang sedang menjalani Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan materi Bela Negara oleh Personel Kodim 0824 Jember.

Dihadapan 20 Sarjana yang menjalani PPG tersebut Serma Iwan Abdilah bersama Serka Edi Sucipto yang ditugaskan untuk menjadi pemateri memberikan materi lapangan dan materi ruangan  diantaranya : Penguatan Idiologi Negara, Pengembangan Kepemimpinan, Penguatan Disiplin, Pengembangan Nasionalisme, Pengembangan Sikap Sosial/Solidaritas serta Latihan Fisik dan Mental.

Kegiatan yang merupakan kerjasama Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadyah Jember dengan Kodim 0824 Jember tersebut  mengambil thema “Mendidik Bangsa Membela Negara”.

Pada Materi Luar lapangan yang merupakan kolaborasi kegiatan lapangan merupakan implementasi dari materi  Penguatan Disiplin dengan memeberikan materi Peraturan Baris Berbaris, game-game yang mengajarkan asas kebersamaan dan solidaritas dan lain-lain, sedangkan untuk materi dalam rungan tentunya menyangkup Penguatan Idiologi Negara, Pengembangan Kepemimpinan dan Pengembangan rasa nasionalisme yang diberikan oleh Serma Iwan Abdilah.

Menyikapi kegiatan yang dilaksanakan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar  meberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada panitia yang telah menjalin  kerjasama dengan Kodim 0824, terkait dengan materi-materi yang disodorkan tersebut  saya sangat setuju sekali apabila calon-calon guru kita berikan materi seperti itu.

Mereka nantinya akan mengajar di sekolah-sekolah dasar dimana merupakan pondasi jenjang pendidikan bagi generasi bangsa, sehingga diharapkan dengan adanya pembekalan tersebut materi yang sudah diberikan mampu ditularkan kepada siswa-siswi nantinya saat saat sudah lulus Pendidikan Profesi Guru dan sudah mendapatkan pekerjaan sesuai profesinya tersebut.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menyatakan bahwa profesi guru merupakan profesi yang strategis, ditangan merekalah masa depan generasi bangsa ini, sehingga dengan pembekalan saat menjalani Pendidikan Profesi Guru tersebut dengan materi-materi wawasan kebangsaan maka generasi Bangsa Indonesia  kedepan akan lebih mantap wawasan kebangsaannya serta jiwa bela negaranya. Pungkas Letkol Inf Arif Munawar .(sis24)

Hits: 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.