Keseruan Latihan Posko-I Kodim 0824/Jember Hari Terakhir, Dengan Asumsi Terjadinya Rusuh Massa

 

 

JEMBER – Latihan Posko-I Kodim 0824/Jember dengan materi permasalahan rusuh massa pasca Pemilu, di hari terakhir latihan tahapannya pada dinamika yang terjadi dilapangan,  terjadinya unjuk rasa, hingga adanya kejadian-kejadian yang mengarah ke tindakan anarkis di beberapa titik di Kabupaten Jember.

Pada saat tersebut langkah awal dilakukan Rapat Koordinasi bersama Forkopimda, pada rapat tersebut Kapolres menyampaikan konsep-konsep penanganan yang akan diambil dan memohon bantuan perkuatan kepada TNI dalam hal ini Kodim 0824/Jember untuk mendukung proses peredaman terhadap rusuh massa yang terjadi dibeberapa titik.

Turut diundang dalam Rapat Koordinasi Forkopimda  dan dilibatkan dalam penanganan rusuh massa tersebut diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, Unit Pemadam Kebakaran dan lain-lain.

Di hari terakhir ini diasumsikan terjadi rusuh massa di beberapa tempat, dari masyarakat yang tidak puas dengan hasil Pemilu, dan kekuatan massa terkonsentrasi di kantor KPU Jember, upaya penggembosan, penguraian dilakukan secara maksimal oleh Polri, namun massa diasumsikan tetap bergerak sehingga aksi kerusuhan pun terjadi, penjarahan, pembakaran ban, perusakan fasilitas umum dan lain-lain, yang memaksa Polri melakukan upaya lebih repreship, untuk membubarkan massa.

Dalam Kondisi tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar berkoordinasi dengan Kapolres untuk mengambil langkah-langkah serta perkuatan pasukan dalam meredam dan mendinginkan situasi, yang puncaknya kisruhannya ada kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember.

Seluruh pengawas dan penilai melakukan pengamatan dan penilaian terhadap situasi kerja Komandan Kodim 0824/Jember beserta staf dan jajarannya dalam melakukan bantuan perkuatan kepada Polri terkait kejadian dan permasalahan yang berkembang yang diasumsikan pada  Latihan Posko-I Kodim 0824/Jember.

Kepala Staf Korem 083/Bdj Letkol Arm Budi Santoso menutup acara dengan evaluasi,  pada kesempatan tersebut Letkol Arm Budi Santoso pada intinya menyampaikan terima kasih kepada para pelaku, pendukung dan jajaran penyelenggara yang telah melaksanakan latihan Posko –I Kodim 0824/jember dengan baik, tertib dan lancar.

Meskipun ada beberapa bagian yang tentunya masih kurang sempurna, namun secara keseluruhan sudah relatif cukup baik, kepada Komandan Kodim 0824/Jember hendaknya apa yang sudah dilakukan ini untuk dapatnya dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan operasi bantuan kita kepada Polri, dalam mengatasi permasalahan diwilayah. (Siswandi)

Hits: 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.