Jember Information Center

Kerja Bakti Bersama Masyarakat Babinsa Motivasi Kegotong Royongan Sebagai Bagian Memantapkan Persatuan dan Kesatuan

 

 

JEMBER – Budaya gotong royong masyarakat merupakan warisan budaya luhur Bangsa Indonesia, sebagai bagian dari rasa kebersamaan, kekompakan, persatuan dan kesatuan masyarakat, dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sarana dan prasarana umum, bahkan tempo dulu dalam membangun rumah selalu dikerjakan oleh tetangga kiri kanan sehingga tuan rumah tinggal menyediakan makannya saja.

Budaya tersebut sangat dikenal dengan budaya gotong royong yang terbukti mampu menjadi kekuatan dan menyelesaikan permasalahan, karena terwujudnya rasa kebersamaan antar warga masyarakat.

Dalam rangka memelihara budaya gotong royong tersebut TNI melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) selalu hadir dalam kegiatan kerjabakti bersama.masyarakat, seperti yang dilakukan di Desa Nogosari dan Desa Kaliwining Kecamatan Rambipuji Kab Jember pada Minggu 24/11/2019 yang melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat dengan sasaran pembersihan lingkungan dan pemotongan ranting pohon dikiri kanan jalan yang mengganggu pandangan jalan.

Di Desa Nogosari Pembersihan kiri kanan jalan dihadiri oleh Babinsa Sertu Sujud Ahmadi, Kepala Desa Esa Hosada bersama perangkat desa dan 75 orang warga masyarakat, dengan sasaran pembersihan kiri kanan jalan sepanjang 200 meter, sekaligus pelebaran jalan sehingga mampu dilalui kendaraan roda empat. DiDi Desa Kaliwining Pembersihan kiri kanan jalan dan pemotongan ranting pohon yang mengganggu pandangan jalan dihadiri oleh Babinsa Serka Sismadi bersama 87 warga masyarakat.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Abd Latif saat kami konfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut sebagai bagian dari tugas pembinaan teritorial seorang Babinsa, yang harus hadir dan berperan serta dalam.memotivasi kegotong Royongan masyarakat didesa binaannya, sebagai bagian dalam.mantapkan kemanunggalan TNI -Rakyat.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi berkaitan dengan kegiatan jajarannya tersebut yang menyampaikan,  bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Babinsa bekerja bakti bersama masyarakat, diwilayah desa binaannya.

Hal tersebut tentunya memiliki fungsi ganda yaitu secara strategis dalam memantapkan pertahanan wilayah dengan memotivasi tumbuhnya budaya gotong royong, selanjutnya sebagai wujud keprdulian Babinsa terhadap kegiatan masyarakat didesa binaannya, sehingga keberadaannya memberikan manfaat bagi masyarakat dan mendapat simpati dari masyarakat di desa binaannya dalam memudahkan uoaya-upaya dalam.menhjalankan program pembinaan terotorial. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Hits: 402

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: