Jember Information Center

Karya Bakti TNI Upaya Tanggap Darurat Bencana Dibeberapa Titik Di Kabupaten Jember Terus Dikebut Pengerjaannya

 

JEMBER – Upaya penanganan tanggap darurat longsornya tebing Sungai Tanggul yang terjadi akibat cuaca ekstrim beberapa waktu yang lalu, saat ini terus dikerjakan hingga masyarakat benar-benar aman dan tidak resah maupun takut terjadinya banjir, apalagi situasi saat ini yang dalam darurat covid 19.

Dari hasil pemantauan kami pada Sabtu 28/03/2020,  upaya tersebut dilakukan memalui Karya Bakti TNI, di Kec Tanggul longsornya tebing sungai sepanjang 50 meter tinggi 6 meter, tepat di Desa Tanggul Wetan Kecamatan Tanggul Kab Jember dengan melibatkan 8 orang anggota TNI dari Koramil 0824/16 Tanggul dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf Suparno, 25 orang gabungan dari Dinas Pekerjaan Umum, Pengairan baik dari Tingkat Kabupaten maupun tingkat Provinsi, masyarakat sekitar lokasi 15 orang.

Longsornya tebing Sungai Tanggul sepanjang 150 meter ketinggian 9 meter, terjadi diperbatasan Desa Paseban Kec Kencong dan Desa Paseban Kec Kencong Kab Jember  Karya Bakti TNi oleh Koramil 0824/18 Kencong sebanyak 5 orang dipimpin Danramil Kapten Inf Bambang Hari M, 35 Personel gabungan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi dan Kabupaten Jember serta masyarakat Desa Paseban sebanyak 25 orang.

Kemudian di Desa Kepanjen Kec Gumukmas oleh Personel Koramil 0824/20 Gumukmas sebanyak 7 orang dipimpin Danramil Kapten Inf Abd Muntolib bergabung dengan wilayah Kencong untuk tim teknis jadi satu, kemudian masyarakat Desa Kepanjen 27 orang.

Demikian halnya di eks robohnya pertokoan Kali Jompo Jalan Sultan Agung Jember, Karya Bakti melibatkan 150 personel TNI dari Kodim 0824/Jember, Yon Armed 8/105 Tarik dan Jajaran Brigif Raider 9/Kostrad dipimpin Kapten Inf Agus Suhartoyo, terus melakukan percepatan pekerjaan normalisasi.

Menyikapi kegiatan jajarannya tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin yang kami  wawancarai saat melakukan peninjauan pekerjaan di Eks robohnya Pertokoan Kali Jompo, mengapresiasi Koramil Jajaran yang melaksanakan kegiatan tanggap darurat, bersinergi dengan masyarakat, dan upaya tanggap darurat tersebut juga dalam rangka mengantisipasi banjir akibat jebolnya tebing sungai yang mengancam masyarakat luas.

Upaya tersebut dilakukan melalui  Karya Bakti TNI dalam rangka percepatan pengerjaannya, ditengah cuaca ekstrim dan ancaman wabah Corona, kita ingin mewujudkan masyarakat yang  aman dari bencana alam maupun wabah penyakit, untuk itu saya berharap do’a masyarakat, do’a kita semuanya sehingga kita dan masyarakat Kabupaten Jember aman dan selamat dari berbagai ancaman. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 68

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: