Jumariyah Tidak Lagi Tidur Didapur, Karena Rumahnya Sudah Bagus Direnovasi Babinsa Melalui Rutilahu

 

 

JEMBER – Program Rumah Tidak layak huni (Rutilahu) benar-benar memberikan dampak yang sangat positif, ada salah satu penerima yaitu Bu Jumariyah yang beralamat di Dusun Garahanjati RT. 001 RW.003 Desa Garahan Kec Silo Kab. Jember yang juga memiliki kisah menarik sebelum dilakukannya renovasi rumahnya dia tidak berani tidur di kamarnya karena takut roboh.

Jumariyah janda berusia 50 tahun tersebut kesehariannya hanya menjadi pengrajin tusuk sate, kakinya yang juga patah akibat tertabrak motor, melengkapi penderitaan  dalam menjalani hidupnya,  dengan penghasilan yang tidak seberapa tersebut dirinya serasa putus asa kalau melihat kondisi rumahnya, dindingnya sudah lapuk semua dan banyak berlobang disana sini, hingga ayam tetanggapun bisa masuk kerumahnya melalui lobang dinding jebol tersebut.

Atapnya juga banyak yang bocor, bahkan kayu penyangganya juga banyak yang lapuk, sehingga saya tidak berani tidur didalam rumah atau di kamar, karena takut roboh. Keseharian saya tidur di dapur belakang, saat ditanya kenapa kakinya, Bu Jumariyah mengisahkan bahwa dia ditinggal suaminya sudah 3 tahun yang lalu, kemudian sejak ditinggal suaminya terebut,  dia berupaya mencarai nafkah sendiri dn 2 tahun yang lalu saat mnyebrang jalan ditabrak oleh sepeda motor dan mengalami patah kaki.

Dengan rumah saya yang sudah seperti ini, saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Babinsa, Pak Koramil, Pangdam V/Brawijaya dan Gubernur Jawa Timur, terima kasih berkat beliau semualah rumah saya menjadi bagus seperti ini, sungguh ini merupakan berkah dari Allah SWT atas do’a-do’a saya setiap malam, untuk dapat memiliki rumah yang lebih layak, rupanya melalui Pak Babinsa ini turunnya berkah dari Allah SWT, untuk itu saya bersyukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada semua yang telah membantu merenovasi rumah saya, utamanya Pak Babinsa (Serda Abd Hadi).

Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten M Ismuni membenarkan bahwa Bu Jumariyah ini merupakan salah satu masyarakat yang layak kita bantu, disamping kurang mampu dan dengan kondisi kakinya tentu sangat memprihatinkan.

Untuk Koramil Silo pada program Rutilahu kali ini mendapatkan jatah 50 unit karena memang disini data rumah kurang layak huni masih relatif banyak, dan kini proses pengerjaannya juga sudah selesai semuanya, berkat kegigihan Babinsa dalam mengerjakannya bersama masyarakat siang dan malam.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi membenarkan bahwa khusus Kec Silo memang perlu perhatian khusus karena jumlah rumah yang kurang layak masih banyak disana, bahkan saat saya Safari Tahajjud di Kec Silo ada salah satu Kepala Desa yang menemui saya dan meminta jatah 200 unit kalau ada program Rutilahu lagi.

Dan ini merupakan bagian dari perintah saya kepada seluruh anggota jajaran agar selalu membantu kesulitan masyarakat, termasuk seperti Bu Jumariyah, saya juga menyampaikan selamat dengan telah direnovasinya rumahnya melalui program Rutilahu ini. Pungakas Letkol Inf La Ode M Nurdin Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.