Jember Specta Culture Akan Jadi Agenda Rutin Pemkab Jember

Gelaran Jember Specta Culture sudah memasuki hari kedua, yang rencananya akan digelar di 4 Kecamatan lagi. Kali ini, Jember Specta Culture digelar di Kecamatan Arjasa, tepatnya dilapangan Desa Biting, Kecamatan Arjasa, 9/12.

Bupati Faida saat menerima kenang-kenangan dari Kades Biting, Arjasa, 10/12.

Selain untuk memberikan hiburan kepada masyarakat secara gratis, acara ini juga digelar oleh Pemkab Jember untuk menggali potensi masing-masing wilayah Kecamatan, mulai dari potensi pertanian, perkebunan, Budaya, sampai dengan UMKM dengan memanfaatkan potensi asli wilayah tersebut.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Camat Arjasa, Ir. Herwan Agus Darmanto, bahwa kegiatan malam ini menampilkan potensi yang ada di kecamatan Arjasa dan 5 desa yang ada di Kecamatan Arjasa, termasuk juga produk-produk lokal yang sekarang ini dipamerkan,

“Ternyata budaya di Kabupaten Jember khususnya kecamatan Arjasa ini sangat luar biasa dan ini potensi-potensi ini nantinya akan kita kembangkan menjadi destinasi-destinasi wisata yang menjadi kebanggaan Jember,” kata Herwan. 

Herwan mencontohkan Salah satunya adalah teh jahe, dimana produk lokal ini merupakan produk minum olahan khas Desa Kemuningsari atau wilayah rembangan, yang sangat luar biasa disukai oleh pengunjung dari luar kota. Termasuk juga, kerajinan-kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat, antara lain olahan plastik bekas, yang sudah tidak di gunakan atau di buang, dimanfaatkan menjadi tikar.
“Ada produk asli olahan dari bekas plastik yang diolah dan dimanfaatkan menjadi tikar. Dan produk ini sudah banyak pesanannya dari kota-kota lain”, ulasnya. re

Herwan juga menyampaikan, untuk potensi-potensi lokal ini yang, akan menjadi perhatian khusus bagi pihak pemerintah kecamatan Arjasa, untuk mengembangkan dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat agar bisa lebih berkembang
“Alhamdulillah, acara seperti ini digelar. Namun saya berharap jangan hanya sekali saja. Yaa..minimal 3xsebulan, kalo perlu bisa digelar setiap bulan, agar bisa dijadikan ajang unjuk seni dan potensi lokal UMKM bagi masyarakat dan generasi muda”, ungkapnya.

Hits: 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.