Jember Information Center

Jember Runners 75 Km, Untuk Semarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-75

 

JEMBER –  Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (Kemerdekaan RI)  Ke 75 tahun 2020 ini segenap anak muda Kabupaten Jember mempersembahkan acara Runners 75 Km, yang mengambil start di Makoramil 0824/18 Kencong dan finish di Alun Alun Jember.

Pada Runners 75 Km (lari 75 Km) tersebut, peserta terdiri dari 27 orang pelari dari Komunitas Runners Jember, dengan panjang route dibagi menjadi 5 etape diantaranya  etape I dari Makoramil 0824/18 Kencong sampai dengan pertigaan Balung (21 Km).

Etape II dari Pertigaan Balung sampai dengan Balai Desa Sidodadi Kec Tempurejo (21 km), etape III dari Balai Desa Sidodadi menuju pertigaan Bandara Notohadinegoro Desa Wirowongso Kec Ajung 21 (Km),  Etape IV Pertigaan Bandara Noto Hadinegoro sampai Makodim 0824/Jember,  (11’5 Km), etape V dari Makodim 0824/Jember  menuju finish Pendopo Wahya Wibawa Graha Pemkab Jember (500 m).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Runners Jember berkolaborasi dengan Komunitas Media Sosial Ikatan Warga Jember (IWJ), Kodim 0824/Jember dan Polres Jember.

Pelari sebelum memasuki finish di Alun-alun Jember, transit sejenak di Makodim 0824/Jember, kemudian bentangan bendera merah putih sepanjang 75 meter dibentangkan oleh sekitar 200 orang terdiri dari TNI, Polri dan Komunitas IWJ, diberangkatkan dari Makodim 0824/Jember menuju Pendopo Wahya Wibawa Graha, sambil menyanyikan lagu Hari Merdeka, yang mengundang keluarnya seluruh masyarakat Jember untuk melihatnya.

setelah bendera mendekati garis finish, pelari diberangkatkan dari Makodim menuju garis finis, dengan membawa bendera merah putih untuk selanjutnya disereahkan kepada Bupati Jember, Dandim 0824/Jember dan Kapolres Jember yang diwakili Kabag Sumda Kompol Nurhadi.

Selanjutnya dilakukan prosesi penyambutan pelari dan.pembawa bendera oleh Forkopimda Jember, dalam sambutanya Bupati Jember Hj Faida menyampaikan terima kasih kepada komunitas Runners Jember dan IWJ yang juga sedang Milad ke 6 yang banyak membantu pemerintah daerah dan masyarakat Jember.

Sementara itu Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin dalam wawancaranya menyampaikan,  bahwa kita sangat apresiasi ide cemerlang dari generasi muda yang tergabung pada Komunitas Runners Jember dan IWJ, yang mampu membuat acara dan menambah semaraknya HUT RI di Kabupaten Jember,  dimasa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

Hal ini sebagai salah satu wujud kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia, sebagai wujud semangat kita untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan, yang akan memantapkan rasa bela negara, sebagai salah satu pilar kekuatan pertahanan negara. Ungkap Dandim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 26

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: