Jelang HUT RI, Koramil Jelbuk Kodim 0824/Jember Bersama Masyarakat Karya Bakti TNI Bersihkan Monumen Mastrip

 

JEMBER –Sebuah bukti sejarah tentang monumen Mastrip yang terletak di Dusun Bacem Desa Panduman Kecamatan Jelbuk kabupaten Jember Jawa Timur.Mastrip berawal dari kata TRIP, yaitu Tentara Republik Indonesia Pelajar. Karena pejuangnya merupakan tentara muda maka dipanggil mas, sehingga lebih dikenal dengan Mastrip.

Benih dari Tentara Republik Indonesia Pelajar adalah BKR Pelajar atau Badan Keamanan Rakyat yang dibentuk pada 22 Agustus 1945. Tentara Republik Indonesia Pelajar dikenal juga dengan nama EX BRIGADE 17 Tentara Pelajar, sementara pihak Belanda menyebut mereka dengan Die Kleintjes TRIP.

Alasan mengapa Tugu Mastrip diletakkan di Desa Panduman adalah karena di tempat inilah terjadinya peristiwa perjuangan berupa penghadangan oleh Tentara Repubik Indonesia Pelajar (TRIP) Batalyon 4000 yang dikenal dengan pasukan kukuk beluk terhadap konvoi tentara penjajah yang akan memasuki kota Jember saat Agresi Miiter I tahun 1947.

Monumen tersebut merupakan salah satu saksi sejarah perjuangan bangsa, untuk itu sebagai generasi penerus, kita wajib ikut menjaga, merawat bahkan mewarisi semangat perjuangannya, diantaranya dengan mengajak masyarakat melakukan pembersihan dan pengecetan monumen tersebut. Tegas Komandan Koramil 0824/26 Jelbuk Kapten Inf Wahyudi Triko Irianto, yang memimpin karya bakti TNI Pembersihan dn Pengecatan monumen Mastrip tersebut.

Terlibat dalam kegiatan karya bakti TNI terebut diantaranya anggota Koramil 0824/26 Jelbuk 6 orang, anggota Polsek 3 orang, perangkat desa Panduman 4 orang, masyaakat dan karang taruna 17 orang, dengan sasaran membersihkan rerumputan liar yang tumbuh disekitar lingkungan tugu Mastrip, serta pengecatan tugu yang terletak dibukit tepi ruas jalan raya perbatasan Jember – Bondowoso.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar saat kami wawancarai terkait kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan, bahwa klise peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dalam setiap tahunnya selalu diperingati secara meriah oleh seluruh elemen masyarakat Jember, hal tersebut tentunya merupakan bukti kesadaran bahwa negara kita merdeka atas perjuangan panjang para pahlawan kusuma bangsa, termasuk yang tergabung di TRIP tersebut.

Kita TNI melalui Satuan Kewilayahan Kodim 0824/Jember bersama Koramil Jajarannya, tentunya lebih berharap agar kesadaran masyarakat tersebut tidak hanya muncul saat momentum peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia saja, namun semangat dan jiwa perjuangannya selalu mewarnai dan menggelora setiap saat, sehingga memiliki kemantapan rasa cinta tanah air, memiliki kemantapan bela negara, yang selalu hadir  dengan suasana persatuan dan kesatuan bangsa, sekokoh persatuan dan kesatuan para pejuang tempo dulu.

Sehingga melalui pemberian wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada pelajar, mahasiswa dan generasi muda, mengajak bergotong royong Karya bakti seperti yang dilakukan oleh Koramil Jelbuk tersebut, tentunya dalam rangka lebih memantapkan suasana persatuan dan kesatuan bangsa, dalam peran kita dalam membangun dan mengisi Kemerdekaan yang tinggal kita nikmati ini. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 38

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.