Jember Information Center

Hujan Sepanjang Waktu Rendam  Rumah Warga Paseban Kec Kencong, Babinsa Turun Ke Lapangan

 

 

JEMBER –  Curah hujan yang turun sepanjang waktu pada Kamis 28/05/2020 membasahi seluruh wilayah di Kabupaten Jember, bahkan sebanyak 50 Kepala Keluarga (KK) di Desa Paseban rumahnya terendam air.

Warga yang rumahnya terendam air setinggi 40 cm tepatnya warga RW. 12 RT. 01, 02 dan 03, yang diakibatkan dari luapan air sungai Apit, kata Bintara Pembina Desa (Babinsa) Paseban Serka Musta’in saat kami konfirmasi.

Dari pendataan Serka Musta’in ada sekitar 50 rumah yang menggenangi hingga dalam rumah dan selebihnya.menggenangi pekarangan dah warga, dan hal ini terjadi setiap ada hujan lebat sepanjang waktu seperti kemarin, dalam kondisi seperti ini warga tidak.mau mengungsi. Ungkapnya.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/18 Kencong Kapten Inf Bambang Hari M saat kami konfirmasi membenarkan kejadian tersebut, saya sejak terjadinya hujan lebat sepanjang waktu kemarin sudah memerintahkan seluruh Babinsa jajaran untuk memantau wilayah binaannya, sehingga apabila terjadi bencana banjir dapat termonitor lebih awal, dan kuta dapat melakukan upaya secara cepat dan tepat.

Dari kondisi tersebut memang tidak berlangsung lama, setelah air.Sungai Apur surut, air di perkampungan pun ikut berkurang, namun berjalan beberapa jam, namun kalau hujannya tidak reda, genangan  air akan semakin tinggi. kata Kapten Inf Bambang Hari M.

Menyikapi hal tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyampaikan keprihatinannya terhadap warga masyarakat desa Paseban, ditengah pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, yang tentunya juga berdampak bagi warga desa tersebut, namun masih ada musibah banjir.

Kepada Koramil jajaran sudah kita instruksikan untuk mengambil langkah tanggap darurat secepatnya, untuk segera memberikan  bantuan kepada warga tertimpa bencana tersebut, berkoordinasi dengan Muspika serta aparat terkait lainnya, upayakan pemerintah hadir saat masyarakat tertimpa musibah tersebut. Kata Komandan Kodim 0814/Jember. (Siswandi)

Hits: 42

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: