Jember Information Center

Harapan Taruna Akmil Asal Jember Bagi Muda Mudi  Kabupaten Jember

 

JEMBER – Taruna Akademi Militer (Akmil), Taruna Akademi Kepolisia (Akpol), Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) pada saat ini sama seperti mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, masing-masing menjalani liburan Smester dari tanggal 21 Desember 2019 hingga 02 Januari 2020.

Saat kami menemui 16 orang Taruna Akmil mewakili 26 Taruna secara keseluruhan asal Kabupaten Jember pada Senin 30/12/2019, dari Akmil, AAL maupun Akpol, hebatnya lagi salah satu dari mereka merupakan perempuan yaitu Taruni Akmil, saat akan audensi dan berkunjung kepada senoiornya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, mereka benar-benar prajurit yang gagah berani, hingga dijuluki sebagai calaon Jenderal Asal Kabupaten Jember, tidak main-main di Tahun 2019 ini saja ada 11 orang yang baru dilantik menjadi Prajurit Taruna Akmil asal Kab Jember.

Seperti yang diutarakan Serma Satu Taruna (Sermatutar)  M Imron Nur Faizin, pemuda asal Dusun Temurejo Ds Mundurejo Kec Umbulsari Kab Jember ini merupakan Taruna Akmil, mendaftar dan masuk seleksi pada tahun 2016, dari keluarga petani yang menjadi perwakilan Taruna Asal Kab Jember saat kami wawancarai menyampaikan, bahwa senang sekali menjalani liburan semester di kampung halamannya.

Saat kami wawancara sklusif dengan para Taruna Akmil tersebut menyangkut  apa kegiatannya selama liburan,  Sermatutar M Imron Nurahman menyampaikan bahwa kita melaksnaakan tradisi korps di Malang, kemudian berkunjung ke senior- senior seperti sekarang ini, dan berlibur bersama keluarga.

Adapun tingkatan kepangkatan dalam taruna diantaranya Prajurit Taruna (Pratar) adalam Taruna yang baru menjalani Pendidikan Dasar Kemiliteran, setelah menempuh pelajaran selama dua semester naik menjadi Sersan Taruna (Sertar), pangak selanjutnya Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar), Kemudian naik pangkat menjadi Sersam Mayor Satu Taruna (Sermatutar), dua semester kemudian baru dilantik menjadi Prajurit TNI dengan pangkat Letnan Dua.

Perjalanan panjang para Taruna Akademi tersebut dari saat menjalani seleksi hingga pendidikannya memakan waktu sekitar 4,5 tahun baru menyandang pangkat Letnan Dua (Letda) dengan korps tergantung kecabangan yang diikutinya, mereka biasanya begitu naik pangkat Sermatutar langsung mengikuti pendidikan kecabangan, yang infateri ke Pusdik Infanteri, Yang Armed Ke Pusdik Armed dan lain-lain, sehingga saat Letnan Dua yang Infanteri menjadi Letda Inf, yang armed menjadi Letda Arm dan seterusnya.

Kemudian saat kami tanyakan apa rutinitas yang dijalani Taruna, mereka menjelaskan bahwa kesehariannya mereka dari bangun pagi Ibadah Sholat dan lain-lain, kemudian senam pagi, pembersihan lingkungan sekitar, makan pagi, apel pagi kemudian mengikuti pelajaran, siang ishola, dilanjutkan pelajaran hingga jam 15.00 Wib,  kemudian pembinaan fisik sore atau kegiatan ekstra kulikuler sampai dengan jam 17.00 Wib kemudian malam harinya kumpul keluarga asuh, belajar mandiri baru istirahat tidur, dan bangun paginya kembali melaksanakan rutinitas tersebut.

Saat kami tanyakan apa harapannya dengan para pemuda di Kabupaten Jember, kembali  Sermatutar M Imron Nurahman menghimbau, mari kita selalu menggali potensi diri kita, tunjukkan bahwa kita pemuda Jember bisa berkarya untuk NKRI,dan jangan takut untuk bergabung dan mendaftar menjadi Taruna Akademi Militer, karena kalau kalian benar-benar memiliki kualitas kepribadian, kesehatan, fisik dan psikologi yang bagus pasti bisa, kita-kita ini buktinya, saya hanya anak seorang petani yang tidak mengerti dunia kemiliteran namun saya bisa diterima menjadi Akmil. Pungkasnya.

Kalau tahun 2019 ini dari Jember ada 11 orang yang masuk menjadi Taruna Akmil, tahun depan harus lebih banyak lagi, mari bergabung, ibu pertiwi memanggil kalian. Pungkas  Sermatutar M Imron Nur Faizin. Yang ditutup dengan yel yel Pratjurit Taruna dengan kata-kata “Taruna Jember jaya-Jaya-Jaya”.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, sangat mengapresiasi terhadap apa yang disampaikan oleh para Taruna maupun Taruni tersebut, sebagai bagian dari generasi bangsa, mereka mengajak teman-temannya untuk bergabung pada alamamater yang dia jalani saat ini yaitu Taruna Akademi Militer, karena saya pun pernah menjalaninya sebagai taruna hingga lulus Tahun 2001, dan adik-adin inilah nantinya calon-calon pengganti saya.  (Siswandi)

Hits: 115

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: