Jember Information Center

Hadiri Rakor Forkopimda, Dandim 0824/Jember Siap Dukung Langkah Antisipasi Penyebaran Covid-19 Termasuk Pendirian Posko Kesehatan

 

JEMBER – Dalam mengantisipasi  penularan Virus covid-19 (virus corona), Pemerintah Kabupaten Jember memberikan panduan penting tentang cegah tertular dan tata cara hidup sehat dan selamat,  dimasa wabah Corona, panduan terebut dirumuskan pada Rapat Koordinasi Forkopimda Kab Jember Bersama Para Kepala Rumah Sakit dan Tenaga Ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Jember, Pada Minggu 15/03/2020 Pukul 19.00 Wib Di Pendopo Wahya Wibawa Graha Pemkab Jember.

Pada Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Bupati Jember dr. Hj, Faida, MMR  didampingi oleh Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin tersebut, juga memutuskan dilakukannya libur sekolah bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak ( TK),  hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP)  negeri dan swasta dan yang sederajat.

Kebijakan ini setelah dilakukan rapat koordinasi dengan para tenaga ahli dan tim Kesehatan rumah sakit dr Soebandi, RSUD Balung serta RSUD Kalisat, bahkan melibatkan dari fakultas kedokteran Universitas Universitas Jember, untuk merumuskan panduan pada tim yang diterjunkan ke seluruh Sekolah Paud, TK, SD, dan SMP sederajat.

Libur sekolah selama 14 hari tersebut berlaku sejak tanggal  17 – 29/3/2020. Pada tanggal 16/03/2020 anak-anak tetap masuk sekolah untuk memberikan kesempatan kepada Dokter Puskesmas, Kepala Desa atau Camat untuk memberikan sosialisasi terkait panduan liburan tersebut sehingga anak-anak dan masyarakat tidak panik dan memperoleh informasi yang benar.

Sehingg Sebelum memberlakukan kebijakan meliburkan Siswa, baik sekolah negeri dan swasta dan lembaga pendidikan Kemenag, akan diberikan panduan dan himbauan selama libur, kata Bupati Jember 15/03/2020 Setelah melakukan rapat koordinasi di Pendopo Wahya Wibawa Graha.

Liburan ini jangan dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, keluar kota, piknik, dan ke tempat-tempat umum atau keramaian, minimarket dan supermarket bahkan ke Mall,  tetapi tetap belajar dirumah, nanti guru akan memberikan pekerjaan rumah.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut  Tim Kesehatan memberikan edukasi hidup sehat dan cara 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar, guru memberikan tugas (PR) dan memberikan pembelajaran jarak jauh, meski libur siswa tetap efektif dan bermanfaat dalam rangka mencegah penularan dan penyebaran virus Corona tersebut.

Sementara kebijakan meliburkan sekolah ini, untuk guru tetap masuk seperti biasa, juga dibarengi menata ulang jadwal berbagai kegiatan yang melibatkan masa. Namun begitu, kegiatan pelayanan publik berjalan seperti biasa dengan tetap memperhatikan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Untuk Pelayanan pemerintah daerah masih tetap berjalan sebagaimana mestinya atau masih berjalan normal, Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap bekerja melakukan pelayanan dengan mengutamakan perilaku hidup bersih dan sehat,  jelas dr. Hj, Faida, MMR.

Sementara itu Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami wawancarai terkait dengan hasi Rapat Koordinasi tersebut  menyampaikan, Kami sangat mendukung langkah-langkah Bupati Jember hasil rapat koordinasi tersebut.

Bahkan Kodim 0824/Jember akan memerintahkan jajaran untuk berperan serta  melakukan pendampingan sosialisasi ke sekolah-sekolah, kepada masyarakat, sehingga mereka mendapatkan informasi yang benar dan tidak panik, bahwa libur sekolah ini pada intinya tetap belajar namun dilakukan dirumah masing-masing.

Agar adik-adik dan warga masyarakat tidak terlalu banyak kegiatan diluar, tidak banyak orang bersosialisasi selama 14 hari kedepan, guna memutus rantai penularan sehingga covid-19 tidak berkembang di Kabupaten Jember.

Lebih lanjut Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin  juga menyampaikan bahwa TNI Juga mendukung Posko Kesehatan untuk penanganan apabila ada warga masyarakat yang terseraang covid-19 tersebut, yaitu di Posko Kesehatan di Rumah Sakit Baladhika Husada (DKT) Jember, saya sudah koordinasi dengan Kepala Rumah Sakit dan besuk sudah berdiri. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)

 

Hits: 54

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: