Hadiri Festival Tani Bersama Bupati Jember, Komandan Kodim 0824/Jember Jelaskan Peran Babinsa Tingkatkan Produksi Pertanian

 

JEMBER – Bertempat di Pondok Pesantren Baitul Arqom  Desa  Balunglor Kec balung Kab Jember pada Jum’at 20/12/2019 mulai Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Festival Tani dan peresmian Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), yang diikuti oleh masyarakat keompok tani dari Kec Balung, Kec Rambipuji dan Kecamatan Puger.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Bupati Jember dr, Hj. Faida,  MMR, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Sampak, Achmad Imam Fauji Plt Dinas Pertanaman Pangan dan Holtikultura Kab Jember, Harpian Harbani Pimpinan BNI’46 Jember, Muspika Kecamatan Balung, Rampipuji dan Puger dan pejabat lainnya.

Acara diawali dengan sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Pimpinan PP Baitul Arqom Balung KH Muhammad Maskur, dilanjutkan dengan sambutan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, yang pada intinya menyampaikan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) pada peningkatan Produktifitas Pertanian dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.

Peran Babinsa tersebut diantaranya melakukan pendampingan bersama petugas Penyuluh Lapang (PPL) sebagai fasilitator dan motivator bagi petani, mengamankan distribusi pupuk dan obat pertanian, menghimbau petani untuk menggunakan peralatan mesin pertanian  (Alsintan) sehingga lebih efektif efisien baik waktu maupun biaya, serta ikut menanam dan mendampingi perawatan tanaman pertanian.

Kemudian sambutan dari Kepala BNI 46 Jember yang menerangkan bagaimana tata cara mengakses bantuan dana permodalan untuk pertanian,  melalui kridit usaha tani,  dengan menggunakan kKartu Tani, dan ini perlu data yang akurat dan akuntable, sehingga dilaksanakannya verifikasi secara detil oleh pihak terkait, berkaitan dengan keberadaan petani dan kelompok tani.

Diakhiri dengan sambutan Bupati Jember yang menyampaikan bahwa keberadaan Festifal Tani ini merupakan bagian dari upaya kita pemimpin daerah untuk bertemu dengan para petani langsung dan memberikan beberapa bantuan diantarnya 8000 kartu tani dan alat Hand Sprayer 539 untuk 3 Kecamatan gratis untuk petani.

Acara diakhiri dengan peresmian Puskeswan dan penanaman pohon kurma dihalaman PP Baitul Arqom Balung oleh Bupati Jember didampingi Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf La Ode  M Nurdin. (Siswandi)

 

 

Hits: 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.