Hadiri Bimtek Manajemen Masjid, Komandan Kodim 0824/Jember Ajak Takmir Masjid Tangkal Radikalisme

 

 

JEMBER – Keberadaan Masjid sebagai tempat ibadah umat Islam yang terbuka bagi umat Islam dari mana saja, memiliki peran yang strategis dalam ikut serta menangkal berkembangnya faham radikalisme yang mengancam ketentraman Bangsa Indonesia.

Keberadaan faham radikal sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak yang ingin menggantikan idiologi Bangsa Indonesia  yaitu Pancasila sebagai satu-satunya idiologi, yang terbuk ti mampu mempersatukan Bangsa Indonesia, yang dikenal denga keragamannya.

Terkait hal tersebut diatas pada kesempatan dilaksanakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Masjid oleh Pemerintah Kabupaten Jember dan dihadiri oleh sekitar 500 orang Takmir Masjid se Kabupaten Jember, sebagai salah satu narasumbernya, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin diberikan alokasi waktu terlebih dahulu sebelum pemateri lainnya termasuk Bupati Jember dr. Hj Faida MMR.

Dalam materinya Komandan Kodim 0824/Jember mengajak para Takmir Masjid yang hadir untuk ikut berperan menangkal berkembangnya faham radikalisme, beberapa ciri-ciri faham radikalisme yang disampaikan oleh Letkol Inf La Ode M Nurdin diantaranya bahwa orang yang sudah terpapar faham radikal tersebut biasanya   mengklaim bahwa ajarannya  yang paling benar, memperberat ibadah yang sebenarnya ringan, kasar dalam berinteraksi, berbicara dengan emosional, mudah berburuk sangka kepada orang diluar kelompoknya, serta mudah mengkafirkan orang lain walaupun  seagama.

Orang-orang yang memiliki sifat tersebut diatas, biasanya orang yang memiliki pemahaman lemah terhadap ilmu dan sariat keagamaan, mereka berupaya mengembangkan alirannya, dengan mempengaruhi orang-demi orang untuk bergabung dan mereka ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan mengancam kemanan NKRI.

Kemudian juga disampaikan bahwa Pancasila merupakan satu-satunya idiologi Bangsa Indonesia, merupakan satu-satunya dasar negara kita, yang dirumuskan oleh founding fathers, pada pendahulu kita termasuk ada dari Ulama Besar kita yang ikut merumuskannya, sebagai generasi penerus kita wajib menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai satu-satunya idiologi Bangsa Indonesia, yang terbukti mampu mempersatukan kebhinekaan Bangsa Indonesia. Tegas komandan Kodim 0824/Jember.

Usai memberikan materinya saat diwawancarai oleh awak media, Letkol Inf La Ode M Nurdin menegaskan bahwa acara ini sangat tepat sekali, ini merupakan kesempatan baik bagi kita untuk menyampaikan  informasi bagai mana upaya-upaya kita dalam menangkal radikalisme, takmir masjid dapat mempelajari fenomena-fenomena yang ada disekelilingnya, kita mewaspadai oknum-oknum yang berkedok agama dengan menyebarkan faham-faham radikalisme tersebut, dengan mempengarugi generasi muda, sehingga takmir masjid harus memiliki tigkat kewaspadaan terhadap hal-hal seperti itu.

Dan program ini sangat selaras dengan program Kodim 0824/Jember dengan melaksanakan safari tahajud, kita dapat bersilaturahim dengan Kyai, dengan tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan memakmurkan masjid, dengan harapan  kita mendapat masukan-masukan dari Takmir Masjid, dari Pengurus Masjid  terkait radkalisme maupun terorisme, yang akan kita komunikasikan dengan pihak terkait, dalam menangani hal seperti ini perlu adanya sinergitas TNI, Polri dan Pemerintah Daerah. Pungkas Letkol Inf La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

Hits: 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.