Jember Information Center

Guna Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Babinsa Rambigundam Kodim 0824/Jember, Dampingi Pelakanaan PSN

  JEMBER – Penyakit  demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mudah mewabah disuatu wilayah, karena penyakit tersebut disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti, yang banyak bersarang di tandon air, bak mandi dan tempat-tempat air lainnya, terutama yang terbuka yang berada dirumah-rumah kita.

Dengan kondisi kerawanan tersebut sehingga Dinas Kesehatan Kab Jember melalui Puskesmas, Bidan Desa dengan Posyandu bersinergi dengan pihak terkait termasuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) secara periodik melakukan pemeriksaan ke rumah-rumah untuk memberantas perkembang biakan nyamuk aedes aegypti tersebut.

Seperti yang dilakukan di Desa Rambigundam yang dilaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) oleh Petugas Puskesmas 14 orang, Kader Posyandu 10 orang, Kepala Desa Rambigundam Mansyur yang hadir bersama 5 orang perangkatnya serta Babinsa Rambigundam Serka Sismadi, pelaksanaan kegiatan mendatangi rumah-rumah warga masyarakat memberikan sosialisasi dan pengecekkan bak-bak air serta kebersihan lingkungan rumah, untuk memutus rantai perkembangbiakkan nyamuk aedes aegypti.

Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Abd Latif saat kami temui di kantornya, membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut sebagai bagian dari tugas pembinaan teritorial dalam rangka meningkatkan perlindungan kesehatan masyarakat, karena pertahanan yang kuat harus didukung oleh masyarakat yang sehat.

Sementara itu Selaku Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam konfirmasinya juga mengapresiasi kegiatan jajarannya tersebut, itulah kompleksitas tugas aparat kewilayahan seperti Babinsa sebagai penyelenggara langsung Pembinaan teritorial ditingkat desa,  disamping dalam rangka menunjang tugas pokok satuan Koramil juga  harus dapat bersinergi dengan aparat lainnya dan berperan aktif serta bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat.    Pungkasnya. (Siswandi)

 

Hits: 50

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: