Jember Information Center

Drama Kolosal Bangkitkan Jiwa Patriotisme dan Bela Negara  Masyarakat Jember, Kata Komandan Kodim 0824/Jember

 

 

JEMBER – Usai kegiatan poikok Upacara Kebesarah Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), sejumlah pelajar yang tergabung pada Teater Gunung Spikul dan Zero dari SMPN Silo menampilkan Drama Kolosal Perjuangan yang mengambil Cerita Komandan Pasukan Welut Putih, Sabtu 05/10/2019.

Bertempat di Alun Alun Jember sejumlah pelajar tersebut mengemas cerita yang mampu memukau seluruh tamu undangan dan masyarakat yang menyaksikan disekeliling Alun Alun Jember, Komandan Welut Putih tidak lain adalah Letnan Suyitman yang mampu menghadang Belanda saat ingin berkuasa kembali pada saat tersebut untuk menjajah Indonesia.

Kisah tersebut terjadi pada masa Agresi Belanda ke dua, memasuki daerah Ambulu Jember mendapatkan perlawanan dari pasukan Komandan Welut Putih yang bernama Suyitman, yang diperankan olehEdi Sucipto (Penyandang Disabilitas warga Ambulu.

Suyitman dikenal dengan kesaktiannya, meskipun dirinya di hajar habisa-habisan oleh penjajah Belanda kala itu, namun masih tetap hidup, karena dikenal cukup sakti dikenal memiliki ajian welut putih tersebut. Kata Dani Hendarto sang sutradara cerita tersebut.

Menyikapi pertunjukan Drama Kolosal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menyampaikan rasa bangganya kepada adik-adik yang memainkan drama kolosal tersebut, yang sangat menjiwai cerita yang ditampilkan, hingga kita semua dibuatnya terpukau.

Ini merupakan salah satu bagian dari pemanfaat cerita dan kearifan budaya lokal dalam suatu pertunjukan drama, Suyitman adalah pahlawan pejuang, meskipun tidak mendapatkan predikat sebagai pahlawan nasional, namun nama besarnya masih melekat dihati masyarakat Kabupaten Jember, berkat perjuanganyalah kita dapat menghirup udara merdeka saat ini.

Dengan penampilah Drama kolosal tersebut tentunya kita masyarakat harus selalu menyadari bahwa kemerdekaan Indonesia tidak mudah didapatkannya, melalui pengorbanan para pahlawan diantaranya seperti yang dilakukan oleh Letnan Suyitman tersebut, sehingga akan lebih membangkitkan  jiwa patriotisme dan memantapkan rasa bela negara masyarakat, diera medern seperti sekarang ini dalam tetap menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Pungkas Letkol Inf La Ode M Nurdin.  (Siswandi)

Hits: 350

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: