Jember Information Center

Dipimpin Komandannya, Koramil 0824/07 Silo Geruduk Pondok Pesantren Al Fallah

 

 

JEMBER – Hal yang tidak biasa terjadi di Pondok Pesantren Al Fallah Desa Karang Harjo Kec Silo Kabupaten Jember, Pada Jum’at 28/02/2020 mulai pukul 07.00 Wib, personel TNI dari Koramil 0824/07 Silo dipimpin oleh Komandan Koramil  Kapten Arm M Ismuni,  berada di Pondok pesantren tersebut.

Kedatangan mereka benar-benar menjadi tanda tanya masyarakat disekitar pondok, sesampai di pondok tersebut para anggota Koramil terebut langsung mengambil alat-alat pembersih halaman sekalian mengajak para santri untuk mengikuti kegiatan terebut.

Kegiatan tersebut merupakan upaya Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni, yang pada setiap hari Jum’at melaksanakan kegiatan Jum’at bersih, dan pada hari ini bersama 10 anggota Koramil,  sasarannya adalah pembersihan pondok pesantren Al Fallah Karang Harjo.

Lebih lanjut Kapten Arm M Ismuni menegaskan bahwa dirinya melakukan upaya seperti ini sebagai bagian dari optimalisasi peran Binter, kita sudah koordinasi dengan Pengasuh pondok dan disetujui, pada kegiatan ini  tidak hanya sekedar pembersihan pondok, kita juga mengedukasi santri untuk membiasakan hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagian daripada iman.

Kita juga melakukan pemberantasan sarang nyamuk aedes aigypti yang menyebabkan demam berdarah, kita ingin membebaskan para santri dari bahaya penyakit  demam berdarah dengue (DBD) yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk, kemudian kalau kita mencintai lingkungan kita, hal ini berarti bagian dari rasa cinta kita kepada tanah air. Kata Kapten Arm M Ismuni.

Dengan keberadaan pesantren-pesantren yang bersih dapat pula  nantinya dijadikan sebagai destinasi wisata baru, yaitu wisata religi, sehingga banyak sekali manfaatnya termasuk melatih santri untuk membudayakan kebersamaan dan kegotong royongan, pada kesempatan bersih bersih tersebut juga kita ajak para santri untuk membuang sampah pada tempatnya serta memisahkan antara sampah organin dan sampah non organik.

Menyikapi kegiatan jajarannya tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin mengapresiasi kegiatan bakti TNI sekaligus edukasi kepada para santri untuk membiasakan hidup bersih sehingga ibadahnya akan lebih barokah, karena kebersihan adalan sebagaian dari pada iman.

Kemudian upaya-upaya religius seperti itu memang sangat efektif dalam mencintai lingkungannya, sehingga terhindar dari wabah penyakit, terhindar dari bahaya bencana, apalagi dipondok pesantren yang merupakan tempat menuntut ilmunya generasi muda bangsa, sehingga harus lebih  terjamin kebersihan dan kesehatannya. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 27

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: