Jember Information Center

Dialog Pentingnya Jaring Komunikasi Bagi Mitigasi Bencana, Bersama Komandan Kodim 0824 dan RAPI Jember

 

 

JEMBER – Bertempat di studio Radio Republik Indonesia (RRI) Jember pada Rabu 22-01-2020 Pukul 21.00 Wib dilaksanakan dialog interaktif dengan narasumber Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin dan Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal 4 Jember Bambang ZE, Eko Prayitno dan Slamet.

Dialog yang disiarkan melalui acara Zona Edukasi Pro-1 FM RRI Jember tersebut, dipandu oleh penyiar Etty Damayati, Kerentanan bencana yang bisa terjadi dimana saja, perubahan musim, serta kurang lestarinya alam disekitar kita, menjadi bagian dari pemicu terjadinya bencana alam yang patut kita waspadai bersama.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan baik oleh Kodim 0824 bersinergi dengan RAPI Jember, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember dan lain-lain, termasuk yang terakhir dilaksanakannya apel kesiapan penanggulangan bencana di halaman Kodim 0824 dan Rapat Koordinasi Penanggulangan Pencana Alam yang dipimpin oleh Bupati Jember dr. Hj Faida MMR di Pendopo Wahya Wibawa Garaha merupakan bahian dari upaya kita, untuk memadukan antar elemen, antar komponen dalam penganggulangan bencana alam.

Menurut Komandan Kodim 0824/JemberLetkol Inf La Ode M Nurdin, membangun jaring komunikasi adalah bagian strategi dalam mempercepat upaya-upaya penanggulangan bencana alam, baik dari langkah mitigasi maupun apabila terjadi kondisi bencana alam diwilayah.

Jaring komunikasi tersebut tentunya disamping melayani alur kebijakan, alur permintaan pelayanan dan lain-lain tentunya akan memangkas efektifitas langkah, akan mempercepat proses kegiatan yang dilakukan oleh relawan penanggulangan dilapangan,  yang tentunya dalam kondisi kurang leluasa dalam melakukan operasional manual. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Hits: 15

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: