Danramil Bersama Babinsa Koramil Gumukmas  Ikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

 

 

JEMBER – Kebutuhan pupuk petani untuk saat sekarang ini memang tidak ada kendala, namun demikian sangat dianjurkan kepada petani untuk memanfaatkan alam, untuk membuat pupuk organik yang cenderung lebih baik dan lebih ekonomis, dibanding pupuk pabrikan yang sarat dengan kandungan zat kimia.

Seperti yang dilakukan di Kecamatan Gumukmas, pada Sabtu 24/08/2019, tepatnya di rumah Sholihin Ketua Kelompok Tani Karya Tani dusun Ampel Dento Desa Bagorejo Kec  Gumukmas Kab Jember, dilaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik padat dan cair oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) dengan isntruktur Agung S  Staf Balai Besar Pelatihan Pertanian (BPP) Malang kepada kelompok tani dan masyarakat lainnya.

Hadir sebagai tim monitoring diantaranya Ir. H Suyono, Sekdin  Dinas Tanaman Pangan, Holticultura dan Perkebunan (TPHP)  Kab Jember, Ir H Sunarto Staf Dinas TPHP, Dosen Universitas Muhammadya Jember Mahfud M.Pdi, Serta Petugs Penyuluh Lapang (PPL)  Dewi S.

Sebagai peserta diantaranya Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas beserta 5 orang anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa), 25 orang dari Kelompok Tani Karya Tani. 22 orang dari  Pealajar Islam Indonesia (PII), 5 orang dari Pondok Pesantren (PP) Al Hasan Panti, 5 orang dari  PP Bustanul Ulum Mlokorejo, 2 Orang dari PP Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari, 5 orang dari PP Al Ihlas Wuluhan dan lain-lainnya

Menurut Agung S saat kami konfirmasi disela-sela kegiatan  menyampaikan bahwa kegiatan ini sasarannya adalah petani, pemuda tani/petani milenial, pelaku agrobisnis dan penggiat pertanian, pengurus kelompok tani, pengurus lembaga-lembaga swadaya yang bergerak di bidang pertanian (asosiasi pertanian) dan lain-lain, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam membuat alternatif pupuk tanaman dari bahan alam atau  organik.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Munthalib saat kami konfirmasi pada Minggu 25/08/2019, terkait  alasannya mengikuti kegiatan terebut bersama anggotanya menyampaikan,  bahwa kegiatan tersebut merupakan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi diri kita maupun mayarakat.

Karena kita bersama Babinsa terlibat pada program ketahanan pangan melalui kegiatan pendampingan bersama PPL, sehingga pengetahuan ini dapat kita tularkan kepada petani dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertaniannya. Tegas Kapten Inf Abd Munthalib.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi terkait kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut sangat bagus sekali dalam rangka menambah ilmu pengetahuan kita dan anggota melalui kesempatan-kesempatan yang diadakan diluar kedinasan, namun untuk mendukung program-program kedinasan.

Apalagi kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik, kita hidup saat ini banyak dimanjakan oleh zat-zat kimia, karena tanaman pertanian yang hasil panennya dikonsumsi masyarakat saat ini banyak dirawat menggunakan zat-zat kimia yang melekat pada pupuk maupun obat-obatan pabrikan, dengan kembali ke alam, dengan pupuk dan obat-obatan organik, tentunya akan lebih menyehatkan kita semua, bahkan anak cucu kita nantinya. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.