Jember Information Center

Danramil 0824/25 Jenggawah Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SMK Addimyati

 

 

JEMBER – Bertempat di Masjid  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Addimyati Dusun Pondoklalang Desa Wonojati Kec Jenggawah Kab Jember, pada Rabu 11/03/2020 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan pemberian materi wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi sekolahan terebut.

Diikuti oleh 187 siswa-siswi kelas XI,  Danramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Rochmanu, selaku pemberi materi wawasan kebangsaan menyampaikan, bahwa adik-adik sebagai generasi penerus bangsa hendaknya memanfaatkan kesempatan belajar disekolah ini dengan sungguh-sungguh.

Keberadaan adik-adik saat sekarang ini akan menentukan langkah adik-adik selanjutnya dalam menggapai cita-citanya, diantara kalian-kalian ini nantinya yang akan menggantikan pejabat-pejabat yang sekarang ini, untuk itu adik-adik harus lebih tekun dalam belajar menguasai ilmu pengetahuan sebagai bekal nantinya.

Pada kesempatan tersebut Kapten Inf Rochmanu juga menyampaikan kondisi bangsa indonesia saat ini, serta ancaman dimasa mendatang, hal ini merupakan  bagian dari dinamika yang pasti akan terjadi, sehingga adik memiliki kesiapan dalam menghadapinya tantangan keadaan tersebut.

Perkembangan informasi dengan maraknya media sosial juga menjadi bagian dari materi yang disampaikan oleh Kapten Inf Rochmanu, sehingga adik-adik mampu memanfaatkan media sosial secara bijak, dalam menyikapi berbagai muatan, yang banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax, radikalisme, serta isu-isu yang berupaya memecah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

Demikian halnya pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan diantaranya Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang harus selalu di pertahankan, juga menjadi bagian dari pemaparan wawasan kebangsaan Kapten Inf Rochmanu.

Usai kegiatan tersebut Kapten Inf Rochmanu saat kami wawancarai terkait kegiatan yang dilaksanakan tersebut menyampaikan, bahwa pemberian wawasan kebangsaan ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial, yaitu pembinaan sumberdaya manusia khususnya generasi muda, sehingga memiliki karakter kebangsaan yang kuat, sebagai generasi penerus bangsa.

Selanjutnya dalam konfirmasinya Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyikapi kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa upaya pembinaan generasi muda yang dilakukan dengan pemberian wawasan kebangsaan tersebut merupakan bagian dari penguatan nilai-nilai kejuangan para pahlawan yang mewujudkan kemerdekaan Indonesia, sehingga generasi muda yang hidup di alam milenial ini, tetap menyadari jati dirinya sebagai Bangsa Indonesia.

Mereka kader-kader pemimpin bangsa, sehingga manjadi tanggung jawab semua pihak, dalam pembekalan dan pembinaannya, seperti yang saya lakukan dengan memberikan wawasan kebangsaan kepada pelajar dan mahasiswa, oleh koramil jajaran, sebagai bagian dari upaya membentuk sumberdaya manusia yang memiliki kemantapan karakter sebagai Bangsa Indonesia, yang merupakan kompartemen pendukung pertahanan negara. Pungkas Dandim 0824/Jember. (Siswandi)

 

 

Hits: 37

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: