Dandim 0824 Terkait Perkembangan Program Ketahanan Pangan

Jember.               Dalam rangka mengimplementasikan kerjasama antara Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD terkait program ketahanan pangan hingga saat ini masih eksis dilakukan ditingkat Kodim maupun Kormil, termasuk Kodim 0824 beserta Koramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0824 Jember.

Untuk melaksanakan prgram tersebut  Kodim 0824 Jember bersinergi dengan Dinas Pertanaman Pangan Kabupaten Jember  terkait pengingkatan produksi pertanian serta bersinergi dengan Bulog Sub Divre Jember terkait dengan penyerapan gabah petani dalam rngka memperkuat persediaan sock gabah/beras pemerintah serta stabilisasi harag pangan utamanya beras dipasaran.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam pernyataannya pada Kamis 15/11/2018 Pukul 11.00 Wib menyampaikan bahwa perkembangan Program Ketahanan Pangan tersebut yang menjadi sorotan utama adalah perkembangan Luas Tambah Tanam (LTT), meskipun sebenarnya tugas pendampingannya lebiih menyeluruh baik terhadap sarana dan rasarana pertanian maupun dukungan pupuk dan obat-obatan juga kita kawal untuk distribusinya sehingga tidak terjadi penyalahgunaan.

Letkol Inf Arif Munawar lebih lanjut menyampaikan bahwa progres pencapaian LTT saat ini seabagai berikut : target pada musim tanam Oktober – Maret untuk padi  99.285 Hektare pencapaianLTT  sampai dengan hari 11.038 Hektar atau 11,12 % , untuk Jagung target  LTT adalah 16.544 Hektare pencapaian hingga hari ini 2.879 hektare dan kedelai  451 hektare pencapaian masih belum ada, sedangkan jagung dan waktu masih panjang hingga Maret 2019 nanti.

Kemudian untuk hasil serapan gabah/beras Bulog Sub Divre Jember menurut keterangan staf bulog Aan Sugiarto  hingga hari ini mencapai 67.140 ton setara beras atau 67 % dari target tahun 2018 sebesar 100.500 ton setara beras, stock tersebut  terjadi sirkulasi dalam arti sebagian sudah didistribusi kedaerah lain yang kekurangan beras sebanyak 46.952 ton setara beras.

Terkait dengan pencapaian tersebut Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam peran sertanya mewujudkan ketahanan pangan nasional, selanjutnya kepada anggota jajarannya dirinya juga menyampaikan terima kasih atas dedikasinya dan mari kita laksanakan tugas-tugas yang diamanahkan tersebut dengan tulus, ihlas dan penuh rasa tanggung jawab. (sis24)

Hits: 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.