Jember Information Center

Dandim 0824/Jember, Sidak Posko Screening Covid 19 Stasiun Kalisat, Berikan Dorongan Moril Kepada Petugas

 

JEMBER – Upaya pencegahan meluasnya covid 19 di Kabupaten Jember, termasuk dengan melakukan screening terhadap warga masyarakat diberbagai pintu masuk wilayah Kabupaten Jember diantaranya stasiun-stasiun penurunan penumpang kereta api, juga dilakukan pendirian posko screening oleh petugas terpadu, dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan/Puskesmas, Satpol PP dan lain-lain.

Seperti yang dilakukan di Stasiun Kereta Api Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember, Pos Sreening Covid 19 di Stasiun Kalisat, pada Senin 13/04/2020 mendapatkan kunjungan atai inspeksi mendadak (sidak) oleh Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.

Kedatangan Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin tersebut disambut Petugas Stasiun Kalisat dan Danramil 0824/03 Kalisat Kapten Arm Ridwan Sagala, menurut Kapten Arm Ridwan Sagala, keberadaan stasiun kereta api Kalisat ini merupakan stasiun Kota Kecamatan, sehingga tidak terlalu banyak penumpang yang turun disini, namun sekecil apapun celah tersebut tetap kita lakukan penerapan screening bagi masyarakat yang turun disini, kita data mereka berasal dari mana dan mau kemana, serta kita cek suhu tubuh.

Lebih lanjut Kapten Arm Ridwan Sagala menerangkan, kepada penumpang yang turun disini tersebut juga kita terapkan pemberian tanda gelang, gelang kuning bagi orang yang dalam resiko (ODR), gelang merah bagi orang dalam pematauan (ODP), dan bagi mereka yang berasal dari daerah zona merah, meskipun sehat, masuk kategori ODR dan kita himbau untuk mematuhi protokol kewaspadaan, serta mengisolasi mandiri di rumah selama 14 hari, dan kalau ada penumpang yang terkendala agak parah dan suhu tubuhnya diatas 38 derajat celcius langsung kita kirim ke pusat karantina di Jember Sport Garden (JSG).

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami wawancarai terkait sidaknya di Stasiun Kalisat ini menuturkan, bahwa kedatangannya yang pertama ingin melihat situasi langsung Posko Covid 19 yang ada disini, kemudian kita memberikan motivasi kepada para petugas untuk juga menjaga kesehatan dirinya, memakai alat pelindung diri yang cukup, memberikan dukungan moril kepada mereka, bahwa tugas yang dilaksanakan ini adalah tugas kemanusiaan yang sangat mulia.

Dan dalam melaksanakan prosedur operasional seperti yang diterangkan oleh Danramil tadi, hal ini semata-mata untuk melindungi penumpang yang disecreening itu sendiri, keluarganya maupun masyarakat luas agar tidak tertular oleh virus corona, virus tersebut mudah sekali menular, sehingga untuk mencegah perluasan penularannya kita lakukan tindakan seperti ini. Kata Komandan Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)

Hits: 50

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: