Jember Information Center

Dandim 0824/Jember Jalani Rapid Test Bersama 129 Anggota Makodim 0824

JEMBER –  Rapid test merupakan upaya dalam memisahkan antara yang sakit dan tidak sakit, Rapid test dimasa pandemi seperti sekarang ini Rapid test menjadi bagian dalam meyakinkan diri apakah kita terjangkit apa tidak, hal ini juga dilakukan di Kodim 0824/Jember yang melakukan Rapid Test terhadap angggota yang berdinas di staf Markas Kodim 0824/Jember.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Kepala Staf Kodim 0824 Mahir Inf Sampak dan seluruh Perwira Staf serta 130 anggota terdiri dari 105 orang  Militer dan 25 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut menjalani Rapid Test di Aula Kodim 0824/Jember pada Jum’at 29/05/2020.

Rapid Test dilakukan oleh Tim Gabungan dari Rumah Sakit TK III Baladhika Husada yang dipimpin oleh Mayor Ckm dr. Reko, Sp.An (Wakil Kepala RS Baladhika Husada), dari Dinas Kesehatan dipimpin oleh Dr. Nur Falakhis secara keseluruhan berjumlah 15 orang, anggota dilakukan wawancara dan pendataan sesuai Kartu Tanda Penduduk,  kemudian diambil sample darah yang hasilnya akan keluar beberapa jam.kemudian.

Menurut Waka Rumkit TK III Baladhika Husada Mayor Ckm dr. Reko Sp.An, Rapid Test terhadap.anghota Kodim 0824/Jember ini dilakukan oleh Tim Gabungan dari personel Rumah Sakit Baladhika Husada (DKT) Jember, dengan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember yang menurunkan personel Puskesmas Patrang dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kab Jember.

Sedangkan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, dalam wawancaranya terkait kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung percepatan penanganan Covid 19 di Kab Jember, hari ini kita.melakukan Rapid test terhadap personel Makodim 0824/Jember, dan sejak 2 Minggu berjalan ini personel Koramil juga melakukan Rapid Test yang dilakukan oleh Puskesmas setempat.

Hal ini tentunya untuk mengetahui sejauh mana imun anggota, serta menambah keyakinan anggota dalam melaksanakan tugas dilapangan, dalam mendukung gugus tugas penanganan Covid 19 di Kabupaten Jember, hal ini juga dalam menyongsong kehidupan normal baru nantinya, dari hasil rapid test kali ini seluruh personel Makodim 0824/Jember dinyatakan non rekatif.

Sementara itu menurut dr Nur Falakhis upaya Rapid test ini merupakan salah satu upaya untuk mengetahui kondisi seseorang ini reaktif atau non reaktif, kalau seandainya reaktif maka akan dilakukan rapid tes ulang pada seminggu kemudian dan yang berangkutan kita lakukan karantina. (Siswandi)

Hits: 35

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: