Jember Information Center

Dandim 0824/Jember Dukung Upaya Pemerintah Daerah, Karantinakan Warga Pulang Kampung Dari Zona Merah  

 

JEMBER – Upaya Pemerintah Daerah Jember dalam melakukan pemutusan rantai penularan di Kabupaten Jember sudah retatif berjalan secara optimal, angka orang dalam resiko (ODR) maupun orang dalam pemantauan (ODP) meskipun jumlahnya meningkat namun tingkat orang ODR dan ODP yang sembuh juga meningkat, hal ini merupakan parameter kita bahwa kondisi darurat covit 19 di Kabupaten Jember relatif terkendali.

Namun demikian tantangan besarnya adalah rencana pulangnya pemudiak dari luar kota, apalagi yang dari kota-kota yang dinyatakan zona merah (terdapat warga positif covit 19), mereka tentunya akan mempengaruhi kondisi yang sudah terkendali ini, untuk itu Bupati Jember kemarin pada saat memeriksa kesiapan Jember Sport Garden (JSG), sebagai pusat karantina, melihat bahwa perangkat, personel dan Alat Pelindung Diri (APD) di JSG sudah dinyatakan siap. 

Pada saat itu Bupati Jember Faida didampingi oleh Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin dan Kepala Rumah Sakit Baladhika Husada Jemebr Letkol Cak dr. Maksum Pandelima, Sp.OT, pada pemeriksaan kesiapan JSG pada Sabtu 04/042020, mengeluarkan kebijakan bahwa semua pemudik dari daerah zona merah akan dikarantina selama 14 hari dulu di JSG, sehingga petugas yang berada di Pos Screening Perbatasan, akan mengirimkan mereka langsung ke tempat karantina ini.

Lebih lanjut Bupatiu Jember Faida menegaskan, bahwa dirinya sudah periksa semua prasarana pendukung sudah ready, untuk APD Warna Putih adalah Tim Medis. Warna coklat dari Polri, dan warna hijau dari TNI, kemudian untuk tim screening dipintu masuk menggunakan jaket pelapis warna hijau, kita menyiapkan tenaga-tenaga muda yang sudah terlatih dari Polri, TNI dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jember.

Menyikapi kebijakan Bupati Jember tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin,  saat kami konfirmasi terkait hal tersebut menyampaikan, bahwa kita TNI sejak awal sudah siap mendukung kebijakan Pemerintah Daerah dalam rangka menyelamatkan masyarakat Jember dari baha penularan covid 19, kalau sudah menular dan meluas tentunya yang repot kita semuanya, untuk itu upaya-upaya pemutusan rantai penularan ini harus kita dukung bersama.

Kita menyiapkan JSG ini sejak pertengahan Maret 2019, bersama Kepala Rumah Sakit Baladhika Husada atau DKT, dan bersinergi dengan pihak terkait lainnya, disana kita siapkan dengan kapasitas 300-400 tempat tidur, prasarana saat ini sudah lengkap ada alat ronget, rapit test dan lain-lain, setiap hari kita siagakan personel disana, dan kalau memang Keputusan Pemerintah Daerah, akan mengkarantina pemudik dari daerh zona merah, tentunya kita siap menampung dan hal ini patut kita dukung bersama, guna keselamatan pemudik itu sendiri, keluarganya dan semua masyarakat Jember. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 102

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: