Jember Information Center

Dandim 0824/Jember Dukung Terbentuknya Kampung Tangguh Bencana,  Antisipasi Pandemi Covid 19 Berkepanjangan

 

 

JEMBER – Dalam menghadapi berbagai bencana, kekuatan masyarakat dalam menghadapinya merupakan bagian terpenting, sehingga mereka segera mampu keluar dari kondisi bencana yang menimpanya, hal inilah yang menginspirasi dibentuknya Kampung Tangguh Bencana.

Seperti yang dilakukan di Kelurahan Jember Lor Kec Patrang Kab Jember yang menerima Kunjungan Forkopimda Jember diantaranya Bupati Jember Hj Faida, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Kapolres AKBP Aris Supriyono Didampingi Muspika Patrang yang mengunjungi Kapmpung Tangguh Bencana di Lingkungan Krajan RW 10 Kelurahan Jember Lor Kec Patrang Kab Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Para Lurah Ke Kecamatan Patrang, Para Ketua RW dan Ketua RT se Kelurahan Jember Lor, Para Ketua Lingkungan dan masyarakat relawan, Ketua dan Pengurus Kampung Tangguh Bencana RW  10 Kelurahan Jember Lor.

Usai kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait dibventuknya Kampung Tangguh Bencana tersebut menyatakan,  bahwa dirinya sudah menerima laporan dihampir semua wilayah saat ini sedang dibentuk kampung tangguh bencana tersebut.

Pada intinya kami sangat mendukung sekali adanya kampung tangguh bencana ini akan membantu pemerintah selama pandemi covid 19 ini, karena dimungkinkan masa pandemi ini akan berkepanjangan, untuk itu dengan dibentuknya kampung tangguh bencana ini, akan memaksimalkan peran warga masyarakat untuk bersama-sama menghadapinya.

Kita akan melakukan pelatihan singkat dan memberikan panduan operasional kampung tangguh bencana ini, untuk melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, memonitor pergerakan masuarakat yang keluar dan masuk lingkungan, melakukan screening awal, mengorganisir bantua logistik dan lain-lain, sehingga mampu menutup keterbatasan aprat TNI, Polri, petugas kesehatan dan unsur-unsur lainnya.

Dengan terbentuknya kampung tangguh bencana ini tentunya akan mengefektifkan langkah-langkah untuk bersama-sama mengatasi pandemi covid 19 yang berkepanjangan ini, yang akan di back up penuh oleh unsur pemerintahan  daerah. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)  

Hits: 54

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: