Dandim 0824 Dampingi Bupati Jember Hadiri Konggres Nelayan

Jember.               Bertempat di Obyek Wisata Pantai Watu Ulo Ds Sumberejo Kec Ambulu Kab Jember pada Minggu 09/12/2018 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan Konggres Nelayan yang dihadiri langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR didampingi oleh Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar.

Konggres Nelayan yang dihadiri sekitar 1700 masyarakat nelayan tersebut merupakan Konggres Nelayan ke II setelah di Puger pada bulan yang lalu yang diselenggarakan di Puger khususnya untuk nelayan Puger karena di Puger tersebut terdapat 70% masyarakat nelayan di Kabupaten Jember dan di Watu Ulo ini Konggres Nelayan untuk masyarakat nelayan diluar Kecamatan Puger.

Pada Konggres Nelayan di Watu Ulo ini juga dilakukan pembagian bea siswa bagi putra-puteri nelayan, asuransi nelayan dan lain-lain oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR.

Dalam wawancaranya dengan awak media Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR didampingi oleh Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa Konggres Nelayan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi antar warga nelayan di Kecamatan Ambulu dan daerah lainnya di Kabupaten Jember.

Lebih lanjut  dr. Hj. Faida, MMR menjelaskan bahwa  konggres ini merupakan ajang silaturahmi, terkait asuransi nelayan kalau tahun sebelumnya dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan satu tahun ini diberikan kesempatan untuk dibiayai oleh APBD Jember dengan harapan kedepan nelayan agar semakin mandiri membiayai perlindungan sendiri, tahun ini sekitar 6500 nelayan yang mendapatkan asuransi.

Masih menurut dr. Hj. Faida, MMR bahwa bagi nelayan akan diberikan bantuan pelampung untuk 2500 kapal dibawah 5 JT sehingga kita sediakan 55.000 pelampung untuk keselamatan nelayan, kemudian komitmen untuk kesejahteraa nelayan yaitu untuk beasiswa bagi anak nelayan hari ini kita bagikan 5 bagi mahasiswa anak nelayan.

Kita juga mengevaluasi bagi alat tangkap nelayan sehingga ramah lingkungan dalam arti dalam penangkapan ikan tersebut dapat menangkap ikan yang besar dan yang kecil-kecil tidak ikut tertangkap sehingga kedepan kita akan semakin sulit untuk menangkap ikan.

Kita juga berkomitmen ingin menyediakan kapal patroli nelayan yang siap beroperasi 24 jam untuk menjamin keselamatan nelayan semoga tahun ini dapat kita wujudkan karena masih dalam proses lelang. Tegas dr. Hj. Faida, MMR.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar sangat mengapresiasi upayta Pemerintah Kabupaten Jember dalam memikirkan keselamatan serta kesejahteraan masyarakat nelayan seabagai bagian dari warga masyarakat di Kabupaten Jember.

Hal tersebut tentunya merupakan bagian dari kehadiran pemerintah  diberbagai elemen masyarakat termasuk masyarakat nelayan, sesuai tujuan pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kami dari Kodim 0824 Jember tentunya selalu siap mengawal dan membantu pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Jember guna  meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk masyarakat nelayan sebagai bagian dari penguatan pertahanan wilayah, karena masyarakat yang sejahtera tentunya akan memantapkan pertahanan wilayah sebagai bagian dari pertahanan negara.  Tegas Letkol Inf Arif Munawar.(Sis24)

 

Hits: 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.