Dandim 0824 Dampingi Bupati Jember Hadiri Carnaval Pandalungan

Jember.               Menutup Tahun 2018 dan menyanmbut akan terbitnya matahari di Tahun Baru 2019 sekaligus menyambut Hari Jadi Kota Jember ke 90 Pemerintah Kabupaten Jember Pada 31/12/2018 Pukul 12.30 Wib  menyelenggarakan  Carnaval Pandalungan dengan thema “Jember Maju Dalam Keberagaman”.

Hadir pada ditempat start di Gedung Serba Guna GOR PKPSO Jember diantaranya Bupati Jember dr Hj Faida,MMR, Wakil Bupati Jember Drs A. Muqid Arif, Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Kapolres Jember diwakilkan kepada Kapolsek Kaliwates Kompol Supadi, Danramil 0824/12 Kaliwates Kapten Inf Hosnan dan lain-lain.

Carnaval yang menempuh jarak sekitar 3 Km tersebut start dari Gedung Serba Guna dan finish di Alun-alun Jember yang diikuti oleh masyarakat dengan berbagai pakaian adat khas, reog, canmacanan kaduk, barongshai, kendaraan hias dan lain-lainnya.

Tanpa prosesi pelepasan,  ribuan peserta dengan dandanan pakaian tradisional berbagai daerah mewarnai jalannya karnaval, adayang berpakaian Tradisional Khas Madura, Pakaian Khas Bali, Pakaian Khas Jawa dan berbagai profesi yang menggambarkan bahwa Jember merupakan kota pandatang dari berbagai suku dan budaya sehingga banyak yang menyebut bahwa Jember merupakan Kota Pandalungan.

Untuk itu tidak salah kiranya kalau dalan thema  carnaval tersebut mengambil thema “Jember Maju Dalam Keberagaman”, berbeda tetapi bersatu dalam membangun Kabupaten Jember untuk lebih maju dan sejahtera masyarakatnya.

Tampak Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar saat berfoto bersama Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Wakil Bupati Jember Drs A Muqid Arif dengan becak hias milik salah satu kontestan pada carnaval tersebut.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyikapi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung sekali dilaksnakannya kegiatan seperti ini disamping dalam rangka melestarikan budaya bangsa, termasuk memberikan penghasilan kepada para penata rias, sekaligus menyemarakkan Hari Jadi ke 90 Kabupaten Jember.

Bahkan dengan perayaan yang dilakukan di penhujung mengaklhiri Tahun 2018 ini diharapkan mampu mengurai keramaian perayaan tahun Baru masyarakat sehingga jalanan pada malam nanti tidak seberapa macet, untuk itu pada kesempatan ini saya menyampaikan “Selamat Menyambut Tahun Baru 2019” dan “Selamat Hari Jadi Kabupaten Jember Ke 90” Semoga Jember semakin maju dan sejahtera dalam keberagaman yang ada. Pungkas Letkol Inf Arif Munawar. (sis24)

 

Hits: 36

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.